Puruk Cahu (ANTARA) - Pasien positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Senin bertambah  11 orang sehingga jumlah yang dinyatakan positif COVID-19 menjadi 34 orang.

"Berdasarkan data gugus tugas penanganan COVID-19 Murung Raya menyebutkan penambahan 10 orang adalah merupakan karyawan perusahaan tambang emas PT Indo Moro Kencana (IMK) dan satu warga dari Kecamatan Murung yang merupakan klaster Sukabumi," kata Ketua Harian Gugus Tugas Pemkab Murung Raya Hermon saat memberikan keterangan pers di Puruk Cahu, Senin.

Menurut dia, sebelumnya ada 4 karyawan IMK positif dan kini bertambah 10 orang hingga menjadi total karyawan IMK positif COVID-19 berjumlah 14 orang.  "Kesemuanya dirawat di salah rumah sakit yang ada di Palangka Raya," katanya.

Baca juga: Adaro serahkan ambulans untuk bantu pasien terpencil di Murung Raya
Baca juga: 1 PDP rujukan Murung Raya dirawat di RSUD Murjani Sampit


Dia mengatakan, pemerintah daerah terus melakukan penelusuran (tracking) terhadap warga yang kontak erat dari kasus PDP dan kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

Hal itu guna meningkatkan kewaspadaan terhadap kelompok yang potensial menjadi sumber penularan diantaranya adalah keluarga, tenaga kesehatan, serta masyarakat di daerah dimana banyak terdapat kasus ditemukan.

"Pemerintah juga mengimbau agar masyarakat bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan beristirahat cukup, tidak mengucilkan, mendiskriminasikan ataupun melakukan penolakan keluarga yang terkonfirmasi COVID-19," kata Hermon.

Diketahui 34 pasien positif itu rinciannya, 9 orang dari Desa Mangkahui, 6 orang Kelurahan Beriwit, satu orang dari Desa Batu Putih, dua orang dari Kelurahan Muara Tuhup, satu orang dari Kelurahan Muara Bakanon, 14 Orang dari Dirung Lingkin dan satu warga dari Desa Sungai Batang.

Baca juga: Enam tenaga kesehatan di Kalteng positif COVID-19 salah satunya dokter
Baca juga: Personel Polres Kotim dilatih pemulasaran jenazah COVID-19
Baca juga: Di Kotawaringin Timur-Kalteng, positif COVID-19 naik jadi 14 orang

Pewarta: Kasriadi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020