Polres Rejang Lebong awasi lokasi wisata

Polres Rejang Lebong awasi lokasi wisata

Pengunjung Danau Mas Harun Bastari (DMHB) saat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah atau Lebaran 2019 lalu. (Foto dok.Antarabengkulu.com)

Rejang Lebong (ANTARA) - Kepolisian Resor Rejang Lebong, Polda Bengkulu, melakukan pengawasan terhadap sejumlah lokasi wisata yang ada di daerah itu guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono melalui Kabag Ops AKP Margopo di Mapolres Rejang Lebong, Senin, mengatakan pengawasan terhadap lokasi wisata ini dilaksanakan di pemandian Suban Air Panas di Kecamatan Curup Timur dan Danau Mas Harus Bastari (DMHB) di Kecamatan Selupu Rejang.

Baca juga: Polres Rejang Lebong tingkatkan pengawasan di perbatasan

"Pengawasan di dua lokasi wisata ini merupakan bagian dari Operasi Ketupat Nala 2020, di dua lokasi wisata ini kita dirikan pos pelayanan. Jika ada turis atau pengunjung yang datang akan kita periksa dan diminta pulang, karena kita tidak ingin ada penularan COVID-19 yang dibawa pengunjung objek wisata," ujar dia.

Pengawasan terhadap dua lokasi wisata itu, kata dia, karena sampai kini belum ditutup oleh pemkab setempat sehingga berpotensi menimbulkan keramaian atau orang berkerumun, kendati di lapangan tidak ada pengunjung yang datang sejak darurat COVID-19 di Tanah Air.

Baca juga: Polres Rejang Lebong tingkatkan patroli antisipasi begal

"Kita lakukan pendekatan kepada pengelolanya agar tidak menerima pengunjung, karena kita tidak bisa mengawasinya terus menerus sehingga bisa saja ada yang datang tanpa sepengetahuan petugas," katanya.

Dua lokasi wisata yang ada di Rejang Lebong ini biasanya setiap hari banyak dikunjungi wisatawan dan pada hari libur jumlah pengunjung yang datang akan lebih banyak lagi, namun sejak adanya pandemi COVID-19 jumlahnya turun drastis bahkan tidak ada lagi yang datang.

Baca juga: Polres Rejang Lebong beri bantuan sembako warga terdampak COVID-19

Sementara itu, pada pelaksanaan Operasi Ketupat Nala 2020 terhitung 24 April sampai 31 Mei mendatang Polres Rejang Lebong mengerahkan 110 personel yang ditempatkan di empat Pos Pengamanan atau Pospam terdiri dari Pospam Watas, Pospam Kontainer, Pospam Tanjung Aur, dan Pospam Bang Mego.

Sedangkan sebagian lagi ditempatkan di dua Pos Pelayanan (Posyan) yang didirikan di lokasi wisata Suban Air Panas serta Danau Mas Harun Bastari (DMHB).

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas evakuasi buaya dari Lokasi Wisata Sungai Upang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar