Jakarta (ANTARA News) - Michael Jackson akan segera dimakamkan di Hollywood Hills, Astana Forest Lawn, California, sementara para selebriti bersiap memberikan persembahan terakhir kepada The King of Pop.

Di saat keluarga belum mau mengonfirmasikan laporan itu, Wakil Kepala LAPD Jim McDonnell menyatakan polisi tengah bekerjasama dengan keluarga mengenai penyelenggaraan upacara pemakaman 7 Juli ini, termasuk penghormatan terakhir di Staples Center, Los Angeles.

Polisi juga telah memasang barikade di luar Astana Forest Lawn dan rangkaian panjang obevan (kendaraan pengangkut awak televisi yang juga berlaku sebagai studio mini TV) mengarah ke situs itu menyusul rumor bahwa pemakaman akan diadakan di situ.

AEG Live, promotor konser yang menukangi konser This Is It! yang akan menjadi penghormatan terakhir untuk Michael Jackson, menyatakan bahwa tidak akan ada prosesi pemakaman.

Di saat belum jelasnya jasad Michael akan dibawa dalam upara penghormatan terakhir, abangnya Jermaine Jackson mengatakan minggu lalu bahwa keluarga berencana mengebumikan almarhum pada pukul Selasa 7 Juli pukul 10 pagi (sekitar Selasa 24.00 WIB nanti).

Hampir 1,6 juta orang telah tercatat untuk menghadiri upacara penghormatan terakhir di Staples Center yang mana hanya 8.750 pasang karcis yang akan diberikan kepada mereka.

Konser This Is It! dalam rangka penghormatan terakhir kepada Sang Raja Pop akan dipimpin oleh Kenny Ortega dan produser peraih Grammy Ken Ehrlich.

Diantara artis yang turut tampil adalah Jennifer Hudson, sedangkan Mariah Carey akan menyanyikan salah satu nomor dari Jackson 5,“I’ll Be There."

Di kesempatan lain, Madonna menggelar konser untuk menghormati Michael pada 4 Juli 2009 di O2 Arena, London, dimana Michael semestinya memulai konser "comeback"nya di tempat itu.

Seorang penari latar pada konser Madonna bahkan mengenakan busana ala Michael Jackson dan memperagakan beberapa gerakan tari ala Michael pada album "Thriller" seperti pada lagu “Billie Jean” dan “Wanna Be Startin’ Something.”

"Kita persembahkan semua ini untuk artis terbesar di dunia yang pernah kita kenal. Michael Jackson. Hidup Sang Raja!' pekik Madonna di depan penonton konsernya.

Sementara itu, Usher, Stevie Wonder, John Mayer, Mariah Carey dan banyak lagi bintang menyatakan siap mengikuti upacara penghormatan terakhir untuk Michael pada 7 Juli di Staples Center, Los Angeles.

Jennifer Hudson, Smokey Robinson dan Lionel Richie juga akan tampil dalam acara yang akan disiarkan langsung oleh hampir seluruh jaringan televisi AS itu, yang akan didahului oleh pengantar dari aktris Brooke Shields dan dua legenda hidup Los Angeles Lakers Kobe Bryant dan Magic Johnson.

Magic Johnson pernah tampil dalam video musik Michael Jackson berjudul “Remember the Time.”

Satu keterangan pers resmi menambahkan bahwa daftar selebritis yang bakal hadir mungkin terus bertambah, yang diantaranya menyebut bakal tampilnya penyanyi Justin Timberlake.

Keluarga Jackson tidak menentukan siapa yang mesti tampil dan lagu Michael mana yang akan dibawakan si biduan, namun TMZ Online mewartakan bahwa Mariah Carey akan melantunkan salah satu nomor The Jackson 5, “I’ll Be There” yang pernah dinyanyikan Marian dan menembus hit pada MTV Unplugged tahun 1992.

Lagu ini ditulis bersama dengan Berry Gordy yang juga akan tampil pada konser bagi penghormatan terakhir untuk sang mega bintang.

Usher, Wonder, Carey dan Mayer adalah beberapa diantara sekian artis yang berkabung atas meninggalnya Michael Jackson beberapa jam setelah King of Pop resmi dinyatakan meninggal dunia.

"Untaian besar dari DNA kultur kita telah meninggalkan kita semua. RIP (Rest in Peace, Beristirahatlah dengan Damai) MJ. Saya kira kita akan berduka atas meninggalnya dia seperti halnya kita kehilangan diri kita sendiri begitu anak-anak mendengarkan Thriller dimainkan kembali.

Saya sungguh berharap dia tetap dikenang sebagai Michael Jackson yang raib tak terhentikan, memikat, penguasa MTV dan penghentak tarian moonwalk," kata Mayer dalam Twitter-nya.

Seorang yang tak akan menghadiri upacara penghormatan terakhirnya adalah mantan istri Michael, Debbie Rowe.

"Perhatian besar media massa jelas akan membuat kehadirannya menimbulkan kekacauan yang tidak perlu dalam event yang secara eksklusif seharusnya terfokus kepada pusaka Michael. Debbie akan mengenang kepergian Michael secara pribadi,” kata pengacara Debbie.

Berikut tokoh dan selebritis yang dipastikan mengikuti upacara penghormatan terakhir kepada Michael, yaitu Ron Boyd, Kobe Bryant, Mariah Carey, Andrae Crouch, Berry Gordy, Jennifer Hudson, Shaheen Jafargholi (finalis Britain’s Got Talent), Magic Johnson, Martin Luther King III, Bernice A. King, John Mayer, Lionel Richie, Smokey Robinson, Pendeta Al Sharpton, Brooke Shields, Pastor Lucious Smith, Usher dan Stevie Wonder. (*)


Sumber: The Rolling Stone online

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009