Investor dapat mempertimbangkan untuk membeli sejumlah saham-saham defensif terutama pada sektor barang konsumsi (consumer goods) yang relatif tidak terdampak oleh wabah COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa pagi, bergerak menguat menjelang rilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun ini.

Pada pukul 09.26 WIB, IHSG menguat 50,83 poin atau 1,1 persen ke posisi 4.656,32. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 9,45 poin atau 1,37 persen menjadi 698,77.

"Mempertimbangkan sentimen dari global dan domestik, IHSG diperkirakan akan bergerak sideways dengan kecenderungan menguat pada perdagangan hari ini," tulis Tim Riset Phintraco Sekuritas dalam laporan yang dikutip Antara di Jakarta, Selasa.

Investor akan menantikan rilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia periode kuartal I-2020 yang akan rilis pada Selasa siang ini.

Konsensus yang dihimpun oleh tradingeconomics memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama akan melambat menjadi sebesar 4,04 persen (yoy).

Merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia menjadi pemicu melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama.

Dari global, semalam bursa AS ditutup menguat. Indeks Dow Jones naik 0,11 persen dan S&P naik 0,42 persen setelah keduanya dibuka dan diperdagangkan di zona negatif.

Sektor penerbangan menjadi pemberat indeks setelah Warren Buffet mengumumkan menjual kepemilikan di saham penerbangan (airlines).

"Menanggapi sentimen tersebut, investor sebaiknya tidak terlalu agresif dalam melakukan akumulasi beli. Investor dapat mempertimbangkan untuk membeli sejumlah saham-saham defensif terutama pada sektor barang konsumsi (consumer goods) yang relatif tidak terdampak oleh wabah COVID-19," katanya.

Investor juga perlu mewaspadai saham-saham pertambangan. Pelemahan harga batubara dapat menjadi sentimen negatif bagi saham-saham sektor tersebut.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Hang Seng menguat 156,9 poin atau 0,66 persen ke 23.770,7 dan indeks Straits Times menguat 26,66 poin atau 1,04 persen ke 2.590,35. Sedangkan Nikkei dan Shanghai libur.

Baca juga: IHSG Senin ditutup memerah seiring pelemahan bursa kawasan
Baca juga: IHSG awal pekan melemah ikuti koreksi bursa Asia
Baca juga: Menutup pekan ini, IHSG diprediksi menguat

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020