Cikarang (ANTARA News) - Kapolri Jendral Polisi Bambang Hendarso Danuri menyatakan meski ada sedikit gangguan, namun secara umum pelaksanaan Pemilu Presiden (Pilpres) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dan seluruh wilayah di Indonesia berjalan aman dan lancar.

"Pilpres di Kabupaten Bekasi berjalan aman dan lancar. Tapi masih ada perusahaan di Kabupaten Bekasi yang tidak meliburkan karyawannya saat hari pencontrengan," ujar Bambang Hendarso, saat melaksanakan kunjungan kerja terkait pengamanan Pilpres, di Cikarang, Rabu.

Saat pencontrengan, Bambang Hendarso bersama Mendagri Mardiyanto, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshar, dan Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini melakukan pemantauan ke PT Mulia Keramik. Bersama Kapolri tampak Kapolres Metro Bekasi Kabupaten Kombes Herri Wibowo.

Romobongan tiba menggunakan dua helikopter dan mendarat tiba di kawasan perumahan Cikarang Baru sekitar pukul 11.45 WIB.

"Saya sudah minta ke Kapolres Metro Bekasi Kabupaten untuk menangani masalah tersebut. Secara umum pelaksanaan pemilihan presiden kali ini berjalan lancar. Dan saya harap di semua daerah di Indonesia tidak ada persoalan karena pengamanan sudah kita antisipasi," katanya.

Kapolres Metro Bekasi Kabupaten, Kombes Herri Wibowo mengatakan, alasan kunjungan kerja Kapolri beserta rombongan Ke PT Mulia Keramik karena hampir sebagian besar pemilih di Kabupaten Bekasi berada di pabrik tersebut.

"PT Mulia Keramik memiliki karyawan sekitar 10.000 orang, sesuai dengan jumlah DPT. yang terbagi dalam lima TPS dalam satu kawasan pabrik," kata Herri.

Menurut Herri, meski KPU setempat telah menyediakan lima TPS di halaman parkir pabrik, namun jumlah karyawan yang memberikan hak pilihnya relatif sangat sedikit karena faktor pencapaian target produksi.

"Hingga pukul 12.30 WIB saja, baru sekitar 20 persen karyawan yang sudah memberikan suaranya ke TPS, sementara sisanya masih bekerja di dalam pabrik," katanya.

Sesuai dengan anjuran Kapolri beserta KPU dan Bawaslu, kata dia, kondisi tersebut akan disikapi dengan berkoordinasi melalui Panwaslu Kabupaten Bekasi. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009