Antisipasi kemarau, Presiden: Pastikan ketersediaan air di pertanian

Antisipasi kemarau, Presiden: Pastikan ketersediaan air di pertanian

Dokumentasi - Foto udara suasana Embung Rowo, embung untuk pertanian di Blora, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra./nz/pri.

Ketersediaan air di beberapa sentra-sentra pertanian ini merupakan kunci
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya memastikan ketersediaan air di beberapa sentra pertanian mengingat potensi terjadinya musim kemarau di Tanah Air.

"Ketersediaan air di beberapa sentra-sentra pertanian ini merupakan kunci. Oleh sebab itu, ini harus disiapkan dari sekarang," kata Presiden Jokowi dalam arahannya pada Rapat Terbatas Antisipasi Dampak Kekeringan Terhadap Ketersediaan Bahan Pangan Pokok, di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Presiden: Waspadai 30 persen zona musim alami kemarau lebih kering

Presiden Jokowi mengatakan pentingnya memastikan penyimpanan air hujan, baik di danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya.

Kepala Negara mengatakan urusan berkaitan dengan musim kemarau harus benar-benar dihitung, karena berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) 30 persen wilayah akan mengalami musim kering lebih dari biasanya.

"Oleh sebab itu antisipasi, mitigasi harus benar-benar disiapkan sehingga stabilitas harga bahan pangan tidak terganggu," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi paparkan 3 jurus hadapi musim kering yang lebih berat

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden Jokowi harap kader Gerindra bantu negara lawan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar