200 pelaku olahraga Bekasi jalani rapid test Covid-19

200 pelaku olahraga Bekasi jalani rapid test Covid-19

Sekretaris KONI Kabupaten Bekasi Abdul Halim menjalani tes cepat COVID-19 di Kantor KONI setempat. (Foto: Pradita Kurniawan Syah).

Alhamdulillah hasilnya sudah keluar, semua dinyatakan negatif COVID-19
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Sedikitnya 200 pelaku olahraga se-Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menjalani 'Rapid Test' Corona virus disease 2019 (COVID-19) yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.

Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hasan mengatakan kegiatan ini untuk memastikan kesehatan para pelaku olahraga di tengah masa pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah hasilnya sudah keluar, semua dinyatakan negatif COVID-19," katanya di Bekasi, Selasa.

Baca juga: Cegah corona, Menhan serahkan 5.000 "rapid test kit" untuk Kota Bekasi

Menurut dia tingkat penyebaran virus corona baru ini sudah semakin mengkhawatirkan khususnya di Kabupaten Bekasi yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota dan merupakan daerah penyangga itu.

"Mobilitas warga Bekasi juga terbilang cukup tinggi apalagi daerah kita juga dikenal sebagai kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara. Saya rasa kegiatan ini efektif untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini Reza berharap penyebaran virus corona dapat dihentikan dan pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga aktivitas olahraga dapat berjalan normal kembali mengingat banyak agenda serta event olahraga yang tertunda bahkan terpaksa dibatalkan akibat wabah tersebut.

"KONI Kabupaten Bekasi akan terus mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19. Saya juga selalu mengingatkan segenap pengurus dan atlet untuk menaati aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) termasuk pembatasan aktivitas olahraga," katanya.
Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hasan (kaos cokelat) menjalani tes cepat COVID-19 di Kantor KONI setempat. (Foto: Pradita Kurniawan Syah).

Wakil Ketua Umum Bidang Humas KONI Kabupaten Bekasi Evan Prabowo mengatakan 'Rapid Test' ini diikuti 200 pelaku olahraga yang terdiri atas pengurus dan staf KONI serta cabang olahraga, atlet, pelatih, hingga jajaran Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi.

Di hari pertama kegiatan, seluruh staf dan pengurus menjalani tes yang dipusatkan di Kantor KONI Kabupaten Bekasi di Jalan Rawa Tembaga, Bekasi Selatan. Sementara di hari berikutnya melibatkan pengurus cabang olahraga, atlet, pelatih, dan Disbudpora Kabupaten Bekasi.

"Hari kedua tes cepat COVID-19 dipusatkan di area Stadion Wibawa Mukti Cikarang Timur. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan tidak ada satupun yang dinyatakan positif," kata dia.

Baca juga: Wisma Atlet Jayapura untuk rawat pasien COVID-19 didukung tokoh

Dilansir dari laman pikokabsi.bekasikab.go.id hingga Selasa (5/5) pukul 08.00 WIB kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bekasi berjumlah 91 dengan rincian 45 orang sembuh, 10 orang meninggal dunia, 9 dirawat di rumah sakit, serta 27 orang melakukan isolasi mandiri.

Dari laman serupa juga tercatat 406 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dimana 2.406 orang sebelumnya dinyatakan selesai dipantau. Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 99 orang dimana 696 orang sebelumnya berstatus selesai pengawasan. Terakhir data Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 531 orang dimana 354 orang di antaranya telah selesai dipantau dan 177 sisanya masih  dalam pemantauan.


.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar