BGR Logistics dipercaya distribusikan alkes penanganan COVID-19

BGR Logistics dipercaya distribusikan alkes penanganan COVID-19

Sejumlah alat kesehatan disimpan terlebih dahulu di Distribution Center (DC) yang disiapkan oleh BGR Logistics di komplek pergudangan BGR Logistics di DKI Jakarta untuk di data. ANTARA/HO-BGR Logistics

menyiapkan sekitar 1.500 meter persegi gudang untuk menampung dan mendata bantuan
Jakarta (ANTARA) - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik di Indonesia, dipercaya oleh Satuan Tugas Bencana Nasional BUMN untuk mendistribusikan alat-alat kesehatan (alkes) dalam rangka penanganan COVID-19 yang dikoordinasikan oleh Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri.

Ketua Yayasan BUMN untuk Indonesia, Harjawan Balaningrath dalam keterangan tertulis di Jakarta, mengungkapkan bahwa BGR Logistics dipercaya mendistribusikan alat-alat kesehatan tersebut ke rumah sakit – rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia dengan melakukan koordinasi dengan PT Pertamina Bina Medika IHC.

Hingga akhir Maret, terdapat puluhan ribu alat kesehatan yang dikoordinasikan untuk dikirimkan ke 70 rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia. Alat kesehatan yang didistribusikan tersebut diantaranya Alat Pelindung Diri (APD), ventilator, dan swab kit untuk penanganan COVID-19. Hingga saat ini proses distribusi bantuan alat kesehatan pun masih terus berlangsung.

Pendistribusian alat-alat kesehatan tersebut telah dilakukan sejak pertengahan Maret lalu ke sejumlah rumah sakit di Indonesia, seperti di DKI Jakarta, Lampung, Aceh, Banten , Sumatera Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Riau, Kepulauan Riau, Papua Barat dan daerah lainnya.

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, mengungkapkan bahwa sebelum didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit BUMN yang menjadi tujuan, seluruh alat kesehatan tersebut disimpan terlebih dahulu di Distribution Center (DC) yang disiapkan oleh BGR Logistics di komplek pergudangan BGR Logistics di DKI Jakarta untuk didata.

“Kami menyiapkan sekitar 1.500 meter persegi gudang untuk menampung dan mendata bantuan tersebut sebelum didistribusikan ke tujuan,” jelas Kuncoro.

Dalam proses penyimpanan di gudang dan distribusi, BGR Logistics, juga menggunakan sistem Warehouse Integrated Application milik BGR Logistics untuk mendata jumlah stok barang masuk, keluar dan yang berada di dalam gudang. Sedangkan untuk proses distribusi, seluruh proses dimonitor dengan sistem Fleet Integrated and Order Monitoring Application. “Seluruh sistem tersebut kami gunakan untuk menjaga proses distribusi bantuan alat-alat kesehatan yang dikoordinasikan,” terang Kuncoro.

Lebih lanjut , Kuncoro menerangkan bahwa dalam proses pengerjaan distribusi, BGR Logistics juga menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak fisik bagi semua pekerja yang bertugas.

Kuncoro, mengungkapkan bahwa BGR Logistics berusaha berperan aktif untuk membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 dan berharap agar kondisi bencana ini dapat segera selesai.

BGR Logistics merupakan BUMN penyedia jasa logistic di Indonesia yang memiliki layanan logistik terintegrasi, mulai dari logistics solution, integrated logistics solution & supply chain, dan waste integrated solution.

Sebagai BUMN yang berdiri sejak 11 April 1977, BGR Logistics juga telah bertransformasi menjadi perusahaan logistik digital sesuai dengan tagline perusahaan Beyond Digital Logistics Company dimana BGR Logistics memberikan solusi sistem logistik berbasiskan IT kepada para pelanggan.

Baca juga: BGR Logistics "rebranding" laman untuk perkuat posisi perusahaan
Baca juga: BGR Logistics-PT Krakatau Bandar Samudera kerja sama pelabuhan
Baca juga: BGR Logistics-PT Garam jalin kemitraan strategis distribusi garam

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kurangi limbah elektronik dengan BGR Access

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar