ada sepeda motor dengan tiga penumpang jatuh di jembatan kali Kompleks Metro
Cilegon (ANTARA) - Banjir di sejumlah wilayah Kota Cilegon yang terjadi Senin (4/5) sudah surut sehingga warga dan juga petugas dari BPBD, kepolisian, TNI serta dinas terkait lainnya bersama warga mulai membersihkan lingkungan rumahnya masing-masing setelah banjir yang merendam pemukiman surut. 

"Banjir sudah surut, kami bersama petugas lainnya dan warga sedang melakukan bersih-bersih dan pendataan," kata Kepala BPBD Provinsi Banten Nana Suryana di Cilegon, Selasa.

Nana mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan mengenai rumah yang terkena banjir serta kerugian lainnya yang diakibatkan banjir karena curah hujan yang tinggi di Kota Cilegon pada Senin (4/5) kemarin. Bahkan banjir tersebut sempat merendam jalan tol menuju akses gerbang tol keluar Cilegon Barat, perumahan warga termasuk fasilitas umum lainnya seperti RSUD Kota Cilegon.

Nana menyebutkan tidak ada laporan korban meninggal dunia akibat banjir tersebut. Namun demikian, pihaknya bersama petugas gabungan sedang melakukan pencarian terhadap salah seorang warga atau pengendara motor yang hanyut terbawa arus di kali Kompleks Metro, Kota Cilegon pada Selasa pagi.

Baca juga: Pemkot Cilegon gelar tanggap darurat bencana banjir

Baca juga: Puluhan rumah di Cilegon tergenang banjir


"Menurut laporan ada sepeda motor dengan tiga penumpang jatuh di jembatan kali Kompleks Metro, Kota Cilegon. Sampai siang ini dua orang korban anak-anak ditemukan selamat dan satu orang masih dalam pencarian," kata Nana.

Berdasarkan data sementara yang diperoleh, banjir di Kota Cilegon merendam ratusan rumah tersebar di Kecamatan Citangkil, Kecamatan Ciwandan, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Grogol, Kecamatan Jombang dan Kecamatan Cilegon.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Banten AKBP Dwi Yanto Nugroho mengatakan pihaknya telah menurunkan puluhan Personel dari tim SAR untuk mengevakuasi korban banjir di wilayah tersebut.

"Kekuatan 15 personel dipimpin oleh Danyon B Pelopor Kompol Septiono mengevakuasi warga yang terdampak banjir di Kelurahan Kota Sari, Kelurahan Grogol Kecamatan Grogol dan kawasan perumahan Metro Cilegon Villa Kecamatan Jombang" ujar Dwi Yanto Nugroho saat berada di lokasi banjir di Cilegon..

Di lokasi yang sama Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi menambahkan bahwa Kepolisian Polda Banten dan jajarannya telah di siagakan dan di kerahkan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak akibat musibah banjir yang terjadi saat ini

"Ya, kami pihak Kepolisian bersama TNI, Pemda Kota Cilegon dan instansi terkait mendirikan posko terpadu dan menggelar dapur umum serta membantu mengevakuasi warga" kata Edy. 

Baca juga: PMI latih korban banjir Lebak membuat keset dari pakaian bekas

Pewarta: Mulyana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020