Kita tetapkan siapa yang perlu kita bantu
Jakarta (ANTARA) - Ulama besar Din Syamsudin mengajak masyarakat untuk saling membantu orang lain yang terkena dampak wabah COVID-19 sebagai bentuk amalan dari ajaran Al Quran.

"Saatnya lah kita mengajarkan ajaran Al Quran, saling membantu, saling tolong-menolong lah dalam kebaikan dan takwa," katanya dalam konferensi pers program Satu Bantu Satu ACT di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pada Ramadhan tahun ini, masyarakat Indonesia didera wabah COVID-19 yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga kehilangan pendapatan mereka.

"Banyak yang terdampak secara ekonomi," katanya.

Oleh karena itu, ia mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat bagi ​​​​​​Muslim di seluruh Indonesia untuk mengamalkan ajaran Al Quran dengan saling tolong-menolong dalam kebaikan dan takwa.

Baca juga: Pergerakan Indonesia Maju minta pemerintah beri rasa aman ke rakyat

Din Syamsudin mengajak masyarakat untuk saling membantu melalui gerakan Satu Bantu Satu ACT, yaitu satu orang membantu satu orang lainnya yang kesusahan secara ekonomi.

"Kita tetapkan siapa yang perlu kita bantu, insya Allah kesusahan, keprihatinan ini akan dapat teratasi," katanya.

Ia berharap melalui gerakan tersebut, masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat wabah COVID-19 dapat terbantu sehingga masalah kekurangan pangan yang mendera bangsa dapat secepatnya teratasi.

"Ini saatnya kita terapkan perintah Al Quran kalau kita ingin menjadi orang-orang yang bertakwa, maka satu (orang) membantu satu (orang lainnya)," katanya.

Baca juga: Din Syamsudin anjurkan umat ganti shalat Jumat dengan Dzuhur di rumah

Pewarta: Katriana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020