Hong Kong, 9 Juli (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) - Mulai hari Rabu, rakyat Hong Kong dan anak-anak mereka memiliki akses langsung ke masker muka anti-mikroba yang dapat dijangkau dan dipatenkan oleh Filligent, BioMask (TM).

Masker revolusioner itu, yang memerangkap dan membunuh kuman seperti H1N1 saat terjadi kontak, diluncurkan oleh rangkaian toko obat kenamaan di Asia, Watsons, Rabu. Selain itu, lembaga perjalanan terbesar di Hong Kong, Hong Thai, akan menyediakan BioMask (TM) tersebut, secara cuma-cuma, kepada semua orang yang melakukan perjalan udara sampai akhir Agustus. Sampai saat ini, masker khusus pemegang sertifikat-CR itu hanya tersedia bagi petugas perawatan kesehatan dan medis.

Peluncuran tersebut dan ketersediaan BioMask (TM) di tingkat pengecer konsumen dan penyedia jasa sangat penting karena, sebagaimana dikatakan CEO Melissa Mowbray-d'Arbela, "BioMask (TM) adalah masker wajah 'cerdas' pertama. Anda tidak harus menjadi pekerja perawatan kesehatan atau tenaga medis profesional untuk menggunakannya secara langsung. Malah, masker itu sangat mudah dipasang, dipakai, dan diatur secara layak. Jadi, itu adalah salah satu bentuk perlindungan terbaik bagi rakyat biasa dan anak-anak mereka selama krisis flu babi tahun ini."

(Foto: http://www.prnasia.com/sa/2009/02/16/200902161730.gif )

Sebaliknya masker bedah biasa tidak pas dengan banyak kebocoran di pinggirannya dan menjadi mudah tercemar oleh kuman hidup, BioMask (TM) mudah dipakai, terpasang kuat dan membunuh kuman terus-menerus. Tidak seperti masker biasa, maker tersebut tidak dipenuhi kuman hidup ketika anda melepaskannya. Jadi, BioMask (TM) sangat baik buat anak-anak yang cenderung menyentuh dan menjadi tidak nyaman kalau memakai masker wajah.

BioMask (TM) bisa bertahan selama 5 tahun atau lebih, sehingga membuatnya jadi perhiasan yang sangat diperlukan bagi pelajar pada musim panas ini. Sekalipun sekolah libur, orang-tua dapat membiarkan anak mereka bermain, bepergian dan berkumpul dengan anak lain, dengan rasa aman karena mengetahui bahwa anak mereka memakai masker wajah yang paling melindungi dan nyaman yang tersedia hari ini. Sebagaimana dikatakan oleh seorang ibu di Hong Kong, "Saya dulu khawatir bahwa anak-anak akan terkurung sepanjang musim panas. Kini, dengan BioMask (TM), anak-anak dapat bermain bersama teman mereka. Kami juga sedang memikirkan untuk melakukan liburan keluarga pada musim panas tahun ini. Perjalanan udara akan jauh lebih aman jika kita memakai BioMask di pesawat."

Sedangkan bagi pekerja perawatan kesehatan, BioMask (TM) juga merupakan masker yang lebih unggul. Bukan hanya karena masker itu memanfaatkan teknologi canggih untuk dengan cepat membunuh mikroba, BioMask (TM) juga dapat membuat pemakainya merasa nyaman dan mudah bernafas, terutama ketika dibandingkan dengan masker N95, yang terkenal tak membuat orang jadi nyaman dan bernafas dengan mengeluarkan bunyi.

BioMask (TM) adalah produk pertama dalam rangkaian perawatan pribadi anti-mikroba dan revolusioner Bio-Friend oleh Filligent yang akan diluncurkan di Watsons. Produk lain Bio-Friend (TM), yang meliputi sapu tangan kering-bebas-kuman (QuickCloth), plester kering-bebas-kuman (QuickPatch), sol dalam pengendali aroma (BioSole), cosmetic puff (BioPuff) dan sponge kosmetik swa-pembersih (BioSponge), akan diluncurkan pada penghujung tahun ini. Rangkaian inovatif perawatan pribadi tersebut juga akan segera tersedia di berbagai toko Park 'n' Shop di seluruh Hong Kong.

Peluncuran BioMask (TM) dengan dua konsumen yang paling terpercaya di Hong Kong adalah babak paling akhir dalam kisah keberhasilan Filligent. Sejak peluncurannya pada Musim Semi 2009, BioMask (TM) telah dibeli oleh banyak pemerintah nasional, NGO dan organisasi blu-chip sektor swasta. Hingga saat ini, BioMask (TM) telah disetujui untuk dijual di Masyarakat Eropa dan Australia, setelah memenuhi atau melampaui persyaratan masing-masing wilayah bagi keamanan, rancangan dan kemanjuran. Keberhasilan implantasi komersial teknologi BioFriend (TM) yang dipatenkan oleh Filligent adalah contoh cerah mengenai bagaimana satu perusahaan Hong Kong dapat menaklukkan pasar internasional dengan memelopori produk teknologi yang unik dan mereka yang mengesankan.

Mengenai BioMask

BioMask (TM) dilandasi atas teknologi "filtrasi cerdas" dan dibuat dari bahan banyak lapisan yang diujicoba dan dirancang secara ilmiah yang di dalam susunan internalnya memiliki lapisan aktif yang unik yang telah ditujukan secara seksama pada kandungan anti-mikroba. Lapisan aktif ini secara agresif mendeteksi, memerangkap dan kemudian dengan cepat membunuh patogen, hanya dalam waktu beberapa menit setelah kontak.

Lapisan tekstiel BioFriend (TM) yang dipatenkan MENANGKAP patogen dengan meniru semua tempat di sel manusia yang biasanya dijadikan tempat bergabung oleh patogen, kemudian dengan cepat MENGHANCURKAN mereka dengan mengganggu bagian luar mereka (virus) dan dinding sel (bakteri). Banyak virus, termasuk virus influensa, diketahui terikat pada tempat timbunan sialic acid di lapisan luar membran sel manusia. Zat pengikat di dalam tekstiel Bio-Friend (TM) tersebut meniru tindakan pengikatan sialic acid pada virus influensa.

Ciri khas masker wajah (termasuk masker standard bedah dan N95) tak membunuh patogen udara. Semua masker itu hanya didasari atas rancangan penyaringan mekanis pasif. Oleh karena itu, mikroba pada atau di dalam masker dapat bertahan hidup selama berjam-jam, sangat meningkatkan kemungkinan lintas-kontaminasi. Ketika dibandingkan dengan masker wajah N95, yang mengikat ketat, BioMask (TM) jauh lebih unggul dalam kemanjuran, kenyamanan dan kemampuan membuat pemakainya dapat bernafas.

Sebagian bagian dari proses pengujian CE, BioMask (TM) disemprotkan dengan virus hidup Influensa A yang berbentuk aerosol sama dengan 50 kali jumlah bersin normal yang tercemar. (virus flu babi H1N1 adalah rangkaian virus Influensa A). Lebih dari 99,9 persen virus tersebut mati setelah kurang lebih satu menit. Ujicoba serupa dilakukan pada patogen penting lain, dengan hasil serupa. Ketika BioMask (TM) diujicobakan pada semua jalur utama, pemajanan, oral, kulit dan hisap, hasilnya tak memperlihatkan dampak berbahaya pada manusia.

BioMask (TM) telah diujicobakan pada bio-kompatibilitas kulit menyusul standard pengakuan internasional yang ditetapkan di dalam ISO 10933: Evaluasi Perangkat Medis Biologi. Semua ujicoba dilakukan guna menilai cytotoxicity (kondisi keracunan) pada sel, iritasi kulit saat terjadi kontak, dan kepekaan kulit setelah kontak yang terjadi berkali-kali. Tak ada kondisi keracunan, iritasi atau peristiwa kepekaan diamati.

Dengan mematuhi Ketentuan Perangkat Medis Masyarakat Eropa 93/42/EEC, Filligent telah memenuhi ketentuan paling ketat Uni Eropa bagi rancangan, kemanjuran dan keamanan BioMask (TM)-nya yang inovatif dan membunuh kuman. BioMask juga memegang sertifikat TGA, yang berarti masker tersebut telah memenuhi atau bahkan melampaui persyaratan serupa di Australia.

Mengenai BioFriend (TM)

Pada 2008, Filligent mengembangkan satu teknologi revolusioner, yang disebut BioFriend (TM), yang membunuh virus dan bakteri saat terjadi kontak. Teknologi molekul BiorFriend dapat diterapkan pada lapisan bawah seperti serat tekstil rayon dan katun. BioFriend (TM) menangkap patogen dengan meniru semua tempat pada sel manusia yang biasanya menjadi tempat patogen menempel, lalu, menghancurkan mereka dengan mengganggu lapisan luar mereka (virus) dan dinding sel (bakteri).

BioFriend (TM) membunuh kuman termasuk yang menyebabkan Influensa A (yang meliputi wabah, rangkaian seperti H1N1), Herpers Simplex, rhinovirus, flu biasa, cacar air, radang paru-paru, SARS, tuberculosis, sterptococcus, dan MRSA. Dengan mengincar anasir berbahaya, teknologi penyaringan cerdas BioFriend mengoptimalkan kenyamanan dan kemampuan bernafas. Dengan kemampuannya membunuh sangat banyak mikroba, sementara menerapkan bermacam lapisan bawah, BioFriend (TM) secara alamiah meminjamkan dirinya bagi penerapan luas seluruh produk konsumen. Biofriend (TM) bukan hanya mencegah dan melindungi orang dari infeksi, tapi juga menjaga barang keperluan pribadi harian, yang rentan terhadap bakteri dan contaminasi virus, jadi aman dan bersih.

Mengenai Filligent

Filligent adalah perusahaan bioteknologi Hong Kong yang mengembangkan berbagai teknologi "penyaringan cerdas" yang maju dan terjangkau serta dirancang untuk memerangi penyebaran penyakit. Dengan menggunakan biokimia di tingkat molekul, kandungan teknologinya mengeluarkan patogen dan bahan kimia, dari udara, air, dan permukaan --termasuk kulit manusia-- membunuh atau melumpuhkan semua itu sebelum mereka memasuki tubuh manusia. Filligent menyediakan buat rakyat biasa perangkat perlindungan canggih yang dapat dijangkau guna melindungi mereka dari penularan atau penyakit lain. Filligent memberi rakyat Pilihan Kesehatan.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

Joanne Ooi
Kepala Bidang Pemasaran
Filligent Limited
Tel: +852-2542-2400
Email: Joanne.ooi@filligent.com

SUMBER: Filligent




Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009