Banjir setengah meter rendam tiga desa di Aceh Selatan

Banjir setengah meter rendam tiga desa di Aceh Selatan

Sejumlah warga sedang berada di lokasi banjir yang merendam tiga gampong di Aceh Selatan, Senin (4/5/2020). ANTARA/HO-BPBD Aceh Selatan/am.

Sungai Trumon meluap ke permukiman warga mengakibatkan banjir
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan peristiwa banjir mencapai setengah meter akibat meluapnya air Sungai Trumon dikarenakan derasnya hujan dalam beberapa hari terakhir telah merendam tiga gampong (desa) di Aceh Selatan, Senin (4/5).

Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, ketiga gampong tersebut, yakni Lhok Raya dan Cot Bayu di Kecamatan Trumon Tengah, dan Seunobok Pusaka di Kecamatan Trumon Timur.

"Hujan intensitas sedang hingga tinggi di Aceh Selatan sejak Minggu (3/5) sekitar pukul 17.00 WIB hingga Senin (4/5) pukul 04.00 WIB, mengakibatkan air Sungai Trumon meluap ke permukiman warga mengakibatkan banjir akibat genangan air antara 30 sampai 50 centimeter," terang dia.

Ia mengaku, terdapat 36 rumah terendam air Sungai Trumon yang terkena dampak material di antaranya 25 rumah di Lhok Raya dengan korban terdampak banjir 46 Kepala Keluarga (KK) dan 98 jiwa.

Baca juga: BMKG: Barat-selatan dilanda tekanan rendah di tenggara Aceh

Baca juga: Puluhan rumah terendam banjir di Aceh Selatan


Lalu lima rumah di Cot Bayu yang dihuni oleh lima KK sebagai korban terdampak dengan 17 orang, dan terakhir enam rumah di Seunobok Pusaka dihuni oleh 13 KK dengan 24 jiwa.

"Kondisi terakhir bahwa warga masih memilih bertahan di rumahnya, dan hingga kini belum mau di evakuasi. Laporan terbaru menyebut, air mulai naik lagi di Gampong Cot Bayu," ucap Sunawardi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini cuaca di Provinsi Aceh yang berlaku hari ini sejak pukul 16.30 WIB.
​​​​​​
Prakirawan BMKG Aceh mengungkapkan bahwa provinsi tersebut masih berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Simeulue, Aceh Besar, Pidie, Bireuen, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan dan sekitarnya.

Kondisi ini dapat meluas ke Banda Aceh, Pidie Jaya, Aceh Timur, Aceh Singkil dan sekitarnya yang diperkirakan dapat berlangsung hingga pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Transportasi darat Aceh Selatan- Subulussalam lumpuh diterjang banjir

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar