Alibaba gratiskan buku panduan bagi pengusaha selama pandemi

Alibaba gratiskan buku panduan bagi pengusaha selama pandemi

Logo Alibaba Cloud dalam Alibaba Cloud Day 2020 di Jakarta, Kamis (16/1/2020). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Alibaba Business School meluncurkan buku panduan bagi pelaku usaha selama masa pandemi COVID-19 dalam format digital yang dapat diunduh secara gratis.

Buku berjudul "Digital Action for Entrepreneur in the Age of Covid-19" yang memuat temuan serta pengetahuan bisnis dari Alibaba Group dan ekosistem digitalnya itu tersedia dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, demikian pernyataan pers Alibaba Group, Selasa.

Dalam kata pengantar buku tersebut, Brian Wong selaku Vice President of Global Initiatives Alibaba Group menyebutkan bahwa di masa pandemi ini saatnya para pengusaha digital berkumpul di komunitasnya masing-masing dan menciptakan solusi-solusi untuk melindungi dan saling membantu satu sama lain.

"Di berbagai wilayah di dunia, para pengusaha adalah penggerak kebutuhan masyarakat. Merekalah yang berani melakukan perubahan untuk bisa bertahan hidup dan pada akhirnya bertumbuh bersama setelah melewati masa krisis ini," ujarnya.

Sebagai sebuah entitas dengan 30 unit bisnis yang beroperasi secara global, Alibaba tidak luput dari dampak pandemi ini.

Namun, sejak awal raksasa e-dagang asal China itu sudah mengambil keputusan yang berani untuk melindungi serta membantu para karyawan, pedagang, dan perusahaan yang beroperasi di platformnya.

Menurut Brian, Alibaba telah meluncurkan serangkaian kebijakan finansial dan berbagai perangkat digital untuk mitigasi dampak negatif dan disrupsi bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang menjadi urat nadi Alibaba.

Selain itu, lanjut dia, teknologi dan platform digital Alibaba juga menjadi bekal bagi para pakar medis dalam menghadapi pandemi ini.

Buku panduan tersebut memuat studi-studi kasus dari berbagai unit bisnis Alibaba, seperti Cainiao, Alibaba Cloud, Fliggy, Ant Financial, Tmall, Taobao, dan Lazada.

Ada juga penjelasan mengenai langkah dan alasan dari berbagai inisiatif yang diluncurkan selama masa pandemi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Buku Panduan dan/atau Alibaba Business School, silakan hubungi dian.safitri@alibaba-inc.com cc jkt.alibaba@fleishman.com.

Alibaba Business School menghadirkan program pelatihan dan workshop untuk pemberdayaan ekonomi digital.

Hingga saat ini, lebih dari 500 pebisnis dari 28 negara telah dilatih secara langsung oleh Alibaba Business School yang kemudian ditularkan kepada lebih dari 2 juta pembuat kebijakan, pengusaha, pemilik usaha kecil dan menengah, praktisi dan pelajar di masing-masing negara asal mereka. 

Baca juga: Alibaba rilis tiga buku panduan gratis pembangunan RS COVID-19
Baca juga: Alibaba berdayakan calon wirausahawan muda atasi krisis COVID-19
Baca juga: Jack Ma-Alibaba rilis pedoman digital COVID-19 berbahasa Indonesia

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar