Pengangkutan spesimen swab yang dilakukan melalui transportasi udara mulai berlangsung pada Jumat (8/5/2020).
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur menyiapkan pesawat udara untuk mengangkut spesimen swab pasien COVID-19 dari sejumlah kabupaten di Pulau Flores dan Sumba untuk diperiksa di laboratorium COVID-19 RSUD Prof.Dr. W.Z.Johannes Kupang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu dalam keterangan pers di Kupang, Selasa (5/5/2020) malam mengatakan hal itu terkait percepatan pemeriksaan spesimen swab COVID-19 di Laboratorium RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang setelah adanya bantuan reagen dari Pemerintah pusat.

Ia mengatakan, Pemerintah NTT telah menyiapkan satu unit pesawat khusus untuk mengangkut spesimen swab dari daerah yang kesulitan transportasi udara setelah adanya pembatasan penerbangan udara, untuk diperiksa di laboratorium PCR RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang.

Pemerintah NTT, kata dia, telah menetapkan empat lokasi sebagai titik penjemputan sampel swab yang diangkut dengan pesawat udara yang disiapkan pemerintah NTT yaitu untuk Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat dipusatkan di Bandara Udara Komodo, Labuan Bajo.

Sementara untuk Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Ende kata dia pengakutan sample swab dikonsentrasikan di Bandara Udara H Hasan Aroeboesman, Kabupaten Ende. Sedangkan untuk Kabupaten Lembata, Flores Timur dan Sikka proses pengakutannya dilakukan melalui Bandara Udara Frans Seda, Kabupaten Sikka.

Baca juga: Legislator: bangun laboratorium "swab" untuk Flores dan Sumba

Khusus untuk empat Kabupaten di Pulau Sumba yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur dilakukan melalui bandara udara Umbu Mehang Kunda, Kabupaten Sumba Timur.

"Pengangkutan spesimen swab yang dilakukan melalui transportasi udara mulai berlangsung pada Jumat (8/5/2020)," tegas Marius.

Ia berhararap Pemerintah Kabupaten di Pulau Flores dan Sumba dapat menyusaikan dengan jadwal penerbangan yang ditentukan itu dalam proses pengiriman swab ke Kupang untuk diperiksa di Laboratorium COVID-19 RSUD Prof.Dr. W.Z.Johannes Kupang.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, drg Dominikus Minggu Mere (kanan) menunjuk reagen bantuan pemerintah pusat yang tiba di Bandara Udara El Tari Kupang, Selasa (5/5/2020) untuk pemeriksaan swab pasien COVID-19 di NTT. (Antara/ Benny Jahang)

Menurut Marius, pengangkutan sample swab pasien COVID-19 dari Kabupaten Alor, Rote Ndao dan Sabu Raijua dilakukan dengan menggunakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Feri.

Ia menambahkan pengangkutan spesimen swab pasien COVID-19 dari enam kabupaten di Pulau Timor seperti Kabupaten Malaka, Belu, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Kabupaten Kupang dan Kota Kupang dilakukan dengan menggunakan transportasi darat. 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020