Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mendistribusikan 4.024.628 masker yang merupakan bagian dari kebijakan Gubernur Anies Baswedan membagikan 20 juta masker gratis untuk warga ber-KTP DKI Jakarta.

"Total masker kain yang didistribusikan hingga tahap ketiga sebanyak 4.024.628 masker di 47 kelurahan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Pendistribusian masker gratis kepada warga ber-KTP DKI itu berjalan tiga tahap.

Pada tahap pertama, sebanyak 1.512.060 masker kain dibagikan di 16 kelurahan. Selanjutnya pada tahap kedua sebanyak 1.520.928 masker kain dibagikan ke 16 kelurahan.

Pada tahap ketiga dengan jumlah yang lebih sedikit dari tahap pertama dan kedua, sebanyak 991.640 masker kain dibagikan ke 15 kelurahan.

Baca juga: Anies bagikan 20 juta masker untuk warga DKI
Baca juga: Anies segera distribusikan 20 juta masker untuk warga Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anes Baswedan memperlihatkan masker yang akan didistribusikan kepada masyarakat DKI Jakarta di Gudang PD Pasar Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (29/4/2020). ANTARA/HO-Kominfotik Jaktim/aa.
Hingga saat ini proses pembuatan masker kain untuk mencapai 20 juta terus berlanjut dengan melibatkan banyak pihak seperti penjahit binaan Suku Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) di masing-masing wilayah kota dan kabupaten.

Program pembagian masker gratis ini masih terus berjalan secara bertahap dibagikan mulai dari kawasan yang paling tinggi penyebaran COVID-19. Setiap warga ber-KTP DKI mendapatkan dua buah masker.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (29/4) mengatakan akan membagikan masker sebanyak 20 juta kepada seluruh masyarakat yang tinggal dan memiliki KTP DKI Jakarta.

Hal ini dilakukan agar masyarakat Jakarta semakin sadar menggunakan masker selama beraktivitas di tengah pandemi COVID-19.
Baca juga: Anies serukan penggunaan masker untuk cegah COVID-19
Baca juga: Anies siapkan masker gratis untuk warga DKI

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020