Jakarta (ANTARA) - Kapten Barcelona Lionel Messi dinilai masih bisa bermain sampai ia mencapai umur 40 tahun, menurut mantan rekan setimnya Xavi Hernandez.

Pemenang enam Ballon d'Or tersebut masih konsisten tampil luar biasa untuk Barcelona musim ini, dengan mencetak 24 gol di semua kompetisi sebelum kompetisi sepak bola harus ditunda akibat krisis COVID-19.

Peran Messi semakin penting bagi Blaugrana tiap tahunnya dan Xavi merasa pemain Argentina berusia 32 itu masih akan bermain lebih lama, baik di level klub maupun internasional.

"Ia masih punya waktu lima atau tujuh tahun lagi dalam dirinya," kata Xavi soal Messi saat berbincang-bincang dengan mantan pemain Barca lainnya, Samuel Eto'o di Instagram live.

"Ia menjaga fisiknya dengan baik dan ia bisa terus bermain sampai ia berumur 37, 38 atau 39. Ia akan bermain di Piala Dunia Qatar, saya yakin," tambah pelatih klub Qatar Al Sadd tersebut yang dikutip Goal pada Selasa (05/5).

Bila Messi masih bermain lebih lama lagi, Xavi tampaknya berharap untuk melatihnya sebagai pelatih Barcelona di masa mendatang.

Baca juga: Xavi tak lagi sembunyikan hasrat latih Barcelona

Baca juga: Sempat menolak, Xavi kini sudah siap latih Barcelona

Baca juga: Barcelona obral pemain kecuali Messi, der Stegen dan de Jong


Xavi sebelumnya telah mengadakan pembicaraan dengan mantan klubnya tersebut pada awal tahun ini sebelum Quique Setien ditunjuk sebagai penerus Ernesto Valverde.

"Pada Januari, itu bukan saat yang tepat," kata Xavi, merujuk kepada serangkaian skandal yang menjerat Barcelona beberapa bulan terakhir.

"Saya melakukan percakapan dengan Eric Abidal (direktur olahraga Barcelona) dan Oscar Grau (CEO Barcelona) dan disodorkan tawaran besar, tetapi itu bukan saat yang tepat."

"Saya perlu sedikit pengalaman lagi. Melatih Barcelona adalah impian saya. Saya akan senang melakukannya suatu hari nanti. Saya sudah mengatakan itu berkali-kali."

Baca juga: Quique Setien yakin Lionel Messi di Barcelona sampai pensiun

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020