SAR Unhas bantu tangani COVID-19 di tiga kecamatan di Makassar

SAR Unhas bantu tangani COVID-19 di tiga kecamatan di Makassar

Search dan Rescue (SAR) yang merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa Universitas Hasanuddin turut membantu penanganan pandemi Covid-19 di tiga kecamatan di Kota Makassar, Selasa (05/05/2020). ANTARA Foto/HO/SAR Unhas

Keterlibatan ini merupakan inisiatif dan kesadaran pribadi yang berkembang menjadi kesadaran organisasi
Makassar (ANTARA) - Search dan Rescue (SAR), salah satu unit kegiatan mahasiswa Universitas Hasanuddin turut membantu penanganan pandemi COVID-19 di tiga kecamatan di Kota Makassar, yakni di Kecamatan Tamalanrea, Tallo, dan Kecamatan Manggala.

"Keterlibatan ini merupakan inisiatif dan kesadaran pribadi yang berkembang menjadi kesadaran organisasi, untuk mengambil bagian dalam upaya penanggulangan penyebaran COVID-19," kata Afriansyah, Koordinator Tim Relawan SAR Unhas, di Makassar, Selasa.
Baca juga: Sumut kirim 38 relawan medis ke Wisma Atlet Jakarta


Dia mengatakan, tidak ada surat permohonan relawan, tidak ada ajakan secara verbal dan nonverbal, namun pihaknya berinisiatif menghubungi pihak satgas provinsi untuk menyampaikan keinginan SAR Unhas dalam membantu masyarakat.

Relawan SAR Unhas secara teknis melakukan kegiatan, di antaranya sebagai enumerator di tingkat kelurahan agar satgas kelurahan terbentuk dan melakukan tupoksi seperti yang disampaikan satgas pusat, memberikan edukasi masyarakat berupa pemahaman bahaya COVID-19 dan upaya pencegahan penularan seperti pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat.

Menurut dia, pihaknya juga melakukan pendampingan dan pemberian bantuan pangan serta disinfektan kepada keluarga terdampak yang sedang melakukan isolasi mandiri, pembagian masker kain kepada masyarakat serta penyebaran spanduk dan baliho edukasi yang berisi informasi penting, misalnya nomor-nomor piket jaga di satgas kelurahan maupun kecamatan.

Sebelum turut serta sebagai relawan COVID-19, SAR Unhas telah melakukan beberapa kegiatan kemanusiaan untuk merespons darurat, misalnya memproduksi masker kain yang kemudian dibagikan gratis kepada masyarakat.

"SAR Unhas telah membagikan 800 masker untuk masyarakat di wilayah Kota Makassar, dan 1.800 masker di Sulawesi Tengah khusus daerah pulau terpencil. Insya Allah pekan depan akan dibagikan sekitar 1.400 masker di 6 kelurahan Kota Makassar," kata Afriansyah lagi.
Baca juga: Relawan COVID-19 Sandiaga Uno bagikan sembako dan masker di Makassar


Kegiatan pendampingan SAR Unhas telah berlangsung sejak 23 April 2020 pada 6 kelurahan, yaitu Parangloe, Bira, dan Kapasa (Kecamatan Tamalanrea), Kelurahan Tammua dan Rapokalling (Kecamatan Tallo), dan Antang (Kecamatan Manggala). Kelurahan ini dipilih dengan pertimbangan domisili relawan, dan juga belum tersentuh relawan lain.

Perwakilan anggota SAR Unhas yang masuk dalam satgas ada lima orang. Seluruh anggota yang terlibat sebagai relawan merupakan ALB (Anggota Luar Biasa) atau alumni. Adapun keterlibatan mahasiswa aktif ditujukan saat penyediaan masker dan logistik lainnya, termasuk penggalangan dana secara internal.
Search dan Rescue (SAR) yang merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa Universitas Hasanuddin turut membantu penanganan pandemi COVID-19 di tiga kecamatan di Kota Makassar, Selasa (05/05/2020). ANTARA Foto/HO/SAR Unhas

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Usulan sanksi pelanggar protokol COVID-19 di Pilkada, dari UU Karantina hingga UU Wabah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar