Karawang (ANTARA News) - Sebuah bus ekonomi AC "Merdeka" jurusan Jakarta-Banjarsari terbakar di rest area Tol Jakarta-Cikampek KM 57, Jumat, ketika hendak diisi bahan bakar di SPBU di area peristirahatan tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa terbakarnya bus bernomor polisi Z-7864-TA tersebut karena penumpang langsung keluar dari bus ketika api muncul.

Bus kemudian didorong menjauhi SPBU dan ke luar rest area.

Kapolres Karawang AKBP Rudi Antariksawan didampingi Kapolsek Klari AKP Robi Yanuar mengatakan, bus "Merdeka" yang dikemudikan Dud itu membawa 20 penumpang. Saat itu, pengemudi bus berencana mengisi bahan bakar di SPBU di dalam rest area.

Setelah berada di sekitar SPBU, pada bagian mesin bus itu muncul kepulan asap, hingga para penumpang dan orang-orang di SPBU panik. Saat itu juga, para penumpang menyelamatkan diri dengan turun dari bus.

Selanjutnya, bus itu langsung didorong keluar lokasi rest area, untuk menghindari terjadinya kebakaran yang semakin meluas.

"Kebakaran bus itu tidak meluas dan tidak membakar seluruh bodi bus, karena berhasil dipadamkan setelah para petugas rest area setempat," kata Rudi, di Karawang, Jumat.

Selanjutnya, aparat kepolisian setempat menarik bus yang terbakar itu ke gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta. Sedangkan para penumpang dalam bus "Merdeka" itu dipindahkan ke bus "Merdeka" lainnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009