Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI Tri Hatmanti Utut Adianto meminta masyarakat untuk tetap menjalankan imbauan pemerintah dengan menjaga jarak aman (physical distancing) dalam upaya memutus penyebaran COVID-19.

"Saya meminta masyarakat untuk tetap menjalani imbauan pemerintah menjaga jarak untuk sementara waktu. Hal ini sangat penting untuk memutuskan mata rantai penyebarluasan COVID-19 tersebut," kata Tri Hatmanti Utut Adianto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Pernyataan Tri Hatmanti Utut Adianto itu dikatakannya di sela-sela bakti sosial PIA DPR RI di Aula Serba Guna, Komplek Rumah Jabatan Anggota (RJA) DPR RI, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa.

Dia menjelaskan himbauannya tersebut karena saat ini di dunia, khususnya Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19, virus ini tidak bisa disepelekan karena tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban, bahkan meninggal dunia akibat virus tersebut.

Baca juga: PIA DPR bagikan sembako, wujud kepedulian di tengah pandemi

Baca juga: PIA DPR bersilaturahmi tanpa bedakan sikap politik


Tri sependapat dengan apa yang telah disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani, bahwa kita bisa menghadapi dan menyelesaikan pandemi COVID-19 ini jika bersama-sama, bergotong royong menjalani semua ini dan saling membantu terhadap sesama.

Karena itu PIA DPR RI untuk kedua kalinya kembali menggelar bakti sosial yang bertajuk "Bersama Menjalin silaturahim dan Menebar Kasih", berupa pemberian paket sembako kali ini digelar di aula serba guna RJA DPR RI, Kalibata.

"Tujuannya untuk meringankan beban karyawan yang berada di lingkungan RJA DPR RI Kalibata dan Ulujami ini, seperti petugas kebersihan, pramu bhakti serta petugas pengamanan dalam (Pamdal)," ujarnya.

Tri menjelaskan bakti sosial tersebut sebenarnya sudah menjadi rutinitas PIA DPR RI setiap tahunnya, terutama di bulan suci Ramadhan, namun di tahun ini, acara tersebut terasa lebih bermanfaat dan khidmat karena tidak sedikit masyarakat yang merasakan dampak dari pandemi COVID-19.

Karena itu, bantuan sebesar apapun bagi masyarakat pasti sangat membantu di tengah situasi pandemi yang berdampak pada kehidupan ekonomi masyarakat.

"Orang-orang yang berada di sekeliling kita yang hampir setiap hari membantu kita seperti petugas kebersihan, pramu bhakti serta petugas pengamanan dalam (Pamdal) di RJA ini tentu ikut merasakan dampak dari pandemi ini," katanya.

Wakil Ketua PIA DPR RI Nurulita Azis Syamsuddin mengatakan pandemi COVID-19 ini mengingatkan untuk kembali menjalani hidup sehat dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Menurut dia, ada hikmah lain dari pandemi ini, diantaranya diajak untuk kembali kepada prilaku dan gaya hidup yang sehat yaitu diharuskan untuk selalu cuci tangan dengan bersih, atau paling tidak menggunakan pembersih tangan.

"Hikmah lainnya adalah meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Karena tidak dapat dipungkiri, banyak masyarakat terdekat yang juga terdampak pandemi virus tersebut," katanya.

Dia menilai saat ini merupakan waktu yang tepat untuk bersama-sama, bergotong royong membantu saudara-saudara yang terdampak COVID-19.*

Baca juga: Sumpah Pemuda, PIA DPR ajak generasi milenial cinta produk lokal

Baca juga: Persaudaraan Isteri Anggota DPR bantu korban banjir Garut

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020