Timika (ANTARA) - Sebanyak 17 warga di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua dinyatakan sembuh total dari paparan COVID-19 setelah sempat menjalani perawatan dan isolasi pada sejumlah rumah sakit di wilayah itu.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra di Timika, Rabu, mengatakan terdapat empat pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 pada Selasa (5/5).

Keempat pasien itu dinyatakan sembuh setelah dua kali pemeriksaan terhadap sampel spesimen swab mereka menggunakan PCR oleh Laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura dinyatakan negatif COVID-19.

Mereka terdiri atas pasien 025, pasien 032, pasien 033 dan pasien 040.

"Jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Mimika terus meningkat dari sebelumnya sebanyak 13 orang menjadi 17 orang. Tentu ini berita yang sangat menggembirakan. Hingga saat ini jumlah pasien yang sembuh meningkat menjadi 19 persen dari total kasus positif COVID-19 di Mimika. Sedangkan persentase pasien yang meninggal dunia turun dari 5 persen menjadi 3 persen," jelas Reynold.

Sementara jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Mimika juga meningkat empat kasus dari sebelumnya sebanyak 87 kasus menjadi 91 kasus.

Identitas empat orang tersebut yaitu TSP (38) berjenis kelamin perempuan beralamat tinggal di Distrik Wania, MSF (29) berjenis kelamin laki-laki beralamat tinggal di Distrik Kuala Kencana, NNK (38) berjenis kelamin perempuan beralamat tinggal di Distrik Wania dan KBG (54) laki-laki beralamat tinggal di Distrik Tembagapura.

Berdasarkan penelusuran kontak diketahui bahwa pasien TSP terpapar COVID-19 dari pasien 031, sementara pasien MSF terpapar COVID-19 dari pasien 044.

Adapun pasien NNK dan KBG belum diketahui riwayat kontak penularannya.

Reynold mengatakan hingga kini terdapat 71 pasien COVID-19 masih menjalani perawat dan isolasi pada sejumlah rumah sakit di Mimika yaitu RSUD sebanyak 15 pasien, di bawah pengawasan RSUD Mimika sebanyak dua pasien, Shelter Wisma Atlet Timika sebanyak tujuh pasien, RS Tembagapura sebanyak 46 pasien dan RSMM Timika satu pasien.

Reynold meminta warga Mimika terus mematuhi dan taat terhadap sejumlah protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah mengingat kondisi penularan COVID-19 di Mimika sudah terjadi transmisi lokal sehingga semua penduduk di wilayah itu berpotensi terpapar virus corona jenis baru itu.

Buktinya, hingga kini masih terus terjadi penambahan jumlah warga dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Jumlah PDP di Mimika saat ini sebanyak 80 orang, ODP sebanyak 370 orang dan OTG sebanyak 869 orang.

PDP yang sementara menjalani isolasi di rumah sakit sebanyak 49 orang, sisanya sebanyak 31 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Sementara dari 370 ODP, yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing sebanyak 362 orang, sisanya delapan orang menjalani isolasi di rumah sakit.

Adapun OTG yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 844 orang dan menjalani isolasi di Shelter Wisma Atlet Timika dan Mimika Sport Complex sebanyak 25 orang.
Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Mimika bertambah menjadi 15 orang
Baca juga: Alat "rapid test" tertahan, pemeriksaan massal di Mimika tertunda
Baca juga: Penyebaran COVID-19 di Mimika melalui transmisi lokal
Baca juga: Dua pasien COVID-19 di Mimika dinyatakan sembuh

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2020