Mari diet seimbang, begini syaratnya

Mari diet seimbang, begini syaratnya

Ilustrasi memulai hidup sehat dengan memerhatikan pola makan (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Diet seimbang memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik dan untuk mendapatkan nutrisi yang tepat dari diet Anda, Anda harus mengonsumsi sebagian besar kalori harian Anda di berbagai makanan antara lain buah segar, sayuran segar, biji-bijian dan protein tanpa lemak.

Laman Healthline mencatat, rata-rata orang memerlukan sekitar 2.000 kalori setiap hari untuk mempertahankan berat badannya. Namun, asupan kalori harian spesifik seseorang dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik. Pria umumnya membutuhkan lebih banyak kalori daripada wanita, dan orang yang berolahraga membutuhkan lebih banyak kalori daripada orang yang tidak.

Baca juga: Lima nutrisi penting selama #dirumahaja

Baca juga: Makanan tinggi serat larut bantu kurangi risiko kanker payudara


Apa pentingnya diet seimbang?

Diet seimbang penting karena organ dan jaringan Anda membutuhkan nutrisi yang tepat untuk bekerja secara efektif. Tubuh Anda menggunakan kalori dari makanan untuk beraktivitas seperti berjalan, berpikir, bernafas, dan fungsi penting lainnya.

Tanpa nutrisi yang baik, tubuh Anda lebih rentan terhadap penyakit, misalnya infeksi, kelelahan, dan kinerja yang buruk.

Anak-anak dengan pola makan yang buruk menghadapi risiko pertumbuhan dan masalah perkembangan dan kinerja akademis yang buruk, dan kebiasaan makan yang buruk dapat bertahan selama sisa hidup mereka.

Lalu bagaimana caranya mencapai diet seimbang?

Inti dari diet seimbang asupan makanan yang rendah lemak dan gula yang tidak perlu dan tinggi vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Berikut daftar makanan yang menjadi bagian penting dari diet seimbang:

Buah-buahan
Selain menjadi sumber nutrisi yang baik, buah-buahan juga bisa menjadi makanan ringan yang enak. Pilih buah-buahan yang sedang musim di daerah Anda. Mereka lebih segar dan memberikan nutrisi terbanyak.

Buah-buahan tinggi gula tetapi alami jadi buah masih bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda daripada makanan lain dengan tambahan gula. Jika Anda memiliki kondisi seperti diabetes, Anda mungkin bisa memilih buah-buahan rendah gula.

Sementara itu, orang yang perlu memperhatikan asupan karbohidratnya, bisa memilih buah-buahan seperti melon dan alpukat.

Baca juga: Resolusi kesehatan untuk 2020

Baca juga: Guru Besar : pola makan tepat cegah prevalensi penyakit tidak menular
Ilustrasi--Buah dan sayur. (Wikimedia) (/)


Sayuran
Sayuran sumber utama vitamin dan mineral esensial. Sayuran hijau gelap umumnya mengandung nutrisi paling banyak dan bisa dimakan setiap kali waktu makan. Mengonsumsi beragam sayuran akan membantu Anda mendapatkan nutrisi berlimpah yang disediakan semua sayuran. Contoh sayuran berdaun gelap meliputi: bayam, kubis, kacang hijau, brokoli, sawi.

Biji-bijian
Biji-bijian utuh, bagaimanapun, disiapkan digunakan seluruh tubuh termasuk lambung. Makanan ini memberikan lebih banyak nutrisi. Cobalah beralih dari roti putih dan pasta ke produk gandum utuh.

Protein
Daging dan kacang-kacangan sumber protein utama, nutrisi yang penting untuk perkembangan otot dan otak. Daging tanpa lemak, rendah lemak seperti ayam, ikan, dan potongan daging sapi tertentu adalah pilihan terbaik.

Buang kulit dan lemak yang terlihat adalah cara mudah untuk mengurangi jumlah lemak dan kolesterol dalam daging. Kesehatan dan diet makanan hewan ini penting dan memengaruhi profil asam lemak daging, sehingga pilihan yang diberi makan rumput sangat ideal.

Kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik dan mengandung banyak manfaat kesehatan lainnya, serta serat dan nutrisi lainnya. Ada beragam kacang yang bisa Anda coba antara lain: kacang polong, almond, biji bunga matahari, kenari, tahu, tempe, dan produk berbasis kedelai lainnya adalah sumber protein yang sangat baik dan merupakan alternatif yang sehat untuk daging.

Baca juga: 10 makanan pembangkit mood tangkal Blue Monday

Baca juga: Perhatikan pola makan di usia 40 tahunan
 
Ilustrasi Susu segar. (Istimewa)


​​​​​​​Susu
Produk susu mengandung kalsium, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya. Namun, makanan ini juga sumber lemak utama, jadi mungkin yang terbaik adalah memilih keju, susu dan yogurt tanpa lemak atau tanpa lemak.

Susu nabati, seperti yang terbuat dari biji rami, almond, atau kedelai biasanya diperkaya dengan kalsium dan nutrisi lainnya, menjadikannya alternatif yang sangat baik untuk susu sapi.

Minyak
Minyak harus digunakan dengan hemat. Pilih versi produk rendah lemak dan rendah gula yang mengandung minyak, seperti salad dressing dan mayones. Minyak yang baik, seperti minyak zaitun, dapat menggantikan minyak nabati yang berlemak dalam diet Anda. Hindari makanan yang digoreng karena mengandung banyak kalori kosong.

Selain menambahkan makanan tertentu ke dalam diet Anda, Anda juga harus mengurangi konsumsi zat-zat tertentu untuk mempertahankan diet seimbang dan berat badan yang sehat. Ini termasuk: alkohol, biji-bijian olahan, lemak padat, lemak jenuh, lemak trans, garam serta gula berlebihan.

Baca juga: Diet seimbang untuk penurunan berat badan yang sehat

Baca juga: Diet seimbang cegah masalah kesehatan selama berpuasa

Baca juga: Jaga pola makan seimbang saat jalani puasa di tengah pandemi corona

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kiat makan sehat selama berpuasa di pandemi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar