Kalau kendaraan yang dari arah Jakarta dan berpelat nomor luar daerah, maka kami menghentikan dan mengecek domisili dan ketika tidak sesuai, maka akan kami suruh pulang kembali
Cirebon (ANTARA) - Pada hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat, petugas gabungan dari TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Cirebon, memperketat penjagaan jalur pantura dan memutarbalikkan kendaraan luar kota yang akan masuk.

"Kita akan memperketat penjagaan di jalur pantura terutama di cek poin Weru," kata Kepala Pos Pam cek poin Weru Kabupaten Cirebon AKP Didin Jarudin di Cirebon, Rabu.

Menurutnya ketika ada kendaraan berpelat nomor Polisi luar kota, maka akan dipaksa memutar balik, hal ini agar pelaksanaan PSBB Jawa Barat, terutama di jalur pantura Cirebon bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Polda siapkan 250 pos titik pemeriksaan PSBB Jabar
Baca juga: PSBB Jawa Barat, kendaraan masih bebas masuk di perbatasan Garut
Baca juga: Polda Jabar telah putarbalikkan 33.000 kendaraan selama PSBB


Pada pelaksanaan penjagaan di jalur pantura Cek Poin Weru puluhan kendaraan terpaksalah diputar balik ke arah semula.

"Kalau kendaraan yang dari arah Jakarta dan berpelat nomor luar daerah, maka kami menghentikan dan mengecek domisili dan ketika tidak sesuai, maka akan kami suruh pulang kembali," tuturnya.

Selain dilakukan penjagaan ketat di jalur pantura Cirebon yang menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah, petugas gabungan juga disebar di lima titik perbatasan Kabupaten Cirebon serta jalan Tol Cipali, Palikanci dan Tol Pejagan.

Sementara Kasubbag Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja mengatakan selama penerapan PSBB Jawa Barat, petugas terus memberikan edukasi dan teguran kepada warga yang masih keluar rumah tanpa mengenakan masker.

"Kami mengedukasi dan mengimbau kepada warga yang beraktivitas di luar rumah dan para pengendara roda dua serta empat untuk senantiasa menggunakan masker, karena masih terlihat banyak yang tak menggunakan masker dan sarung tangan," katanya.

Baca juga: Garut berlakukan PSBB Jawa Barat secara parsial cegah COVID-19
Baca juga: Petugas siap bendung pemudik di 232 titik saat PSBB Jawa Barat

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020