Liga Jerman

Neuer ingin para pemain Bundesliga lebih bertanggung jawab

Neuer ingin para pemain Bundesliga lebih bertanggung jawab

Kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer meminta agar para pemain.(REUTERS/THILO SCHMUELGEN)

Sebagai role model, pesepak bola adalah bagian dari masyarakat. Kami hanya ingin bermain sepakbola, tetapi untuk sekarang itu saja tidak cukup
Jakarta (ANTARA) - Kapten Bayern Munchen, Manuel Neuer mengatakan bahwa para pemain Bundesliga lebih bertanggung jawab bila musim ini kembali bergulir.

Musim Bundesliga 2019-20 sendiri telah ditangguhkan sejak Maret di tengah pandemi virus corona, tetapi Kanselir Jerman Angela Merkel akan mengumumkan kapan kompetisi segera dilanjutkan pada Rabu (waktu setempat).

Menurut sejumlah laporan, liga Jerman dapat dimulai kembali pada 15 Mei yang akan membuat Bundesliga menjadi liga pertama dari lima liga domestik utama Eropa yang kembali sejak krisis COVID-19.

Baca juga: Seluruh negara bagian di Jerman bakal bolehkan lagi laga sepak bola

Neuer melontarkan komentar tersebut usai pemain Hertha Berlin, Salomon Kalou melanggar aturan social distancing, yang berpontensi merusak peluang Bundesliga digulirkan kembali.

"Saya berbicara demi keluarga sepak bola dan pertandingan-pertandingan sepak bola, karena fakta rekomendasi akan diberikan untuk memulai liga-liga federal dan jika memungkinkan, keputusan tersebut akan menimbulkan dampak pada seluruh lapisan sepak bola mulai dari level amatir dan generasi termuda, juga mengingat dampak pada olahraga-olahraga lainnya," ujar Neuer di Frankfurter Allgemeine Zeitung yang dilansir Goal pada Rabu.

"Bahkan negara-negara Eropa lainnya, termasuk semua di seluruh dunia, orang-orang akan melihat kami. Ini menjadi tanggung jawab yang besar dan harus dilaksanakan dengan penuh semangat. Kami harus menyadari karena ini penting juga untuk kita semua."

Baca juga: Kalou diskors Hertha karena langgar aturan terkait pandemi

"Sebagai role model, pesepak bola adalah bagian dari masyarakat. Kami hanya ingin bermain sepakbola, tetapi untuk sekarang itu saja tidak cukup."

Sikap Kalou telah memicu kemarahan banyak orang saat mengunggah video ketika dirinya melanggar sejumlah aturan soal virus corona.

Pemain depan asal Pantai Gading itu melakukan siaran video langsung yang menunjukkan ia tiba di tempat latihan klub saat tim-tim Bundesliga melakukan persiapan sebelum kompetisi kemungkinan dimulainya kembali.

Dalam video itu, Kalou memasuki ruang ganti Hertha dan menyapa beberapa pemain dengan menawarkan jabat tangan. Ia juga bertemu rekan setimnya, bek Jordan Torunarigha,yang saat itu menjalani tes swab.

Baca juga: Neuer terganggu dengan pemberitaan negosiasi perpanjangan kontrak

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi: Indonesia harus tampil sebagai pemenang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar