BMKG: Hujan lebat landa Aceh hingga akhir pekan

BMKG: Hujan lebat landa Aceh hingga akhir pekan

Hujan yang turun telah mengakibatkan tiga desa terendam di Aceh Selatan, Senin (4/5/2020). ANTARA/HO-BPBD Aceh Selatan

nelayan agar waspada terhadap gelombang tinggi
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi melanda sejumlah wilayah di Aceh akibat terbentuknya daerah pusaran angin yang mengakibatkan cuaca terjadi ekstrem hingga akhir pekan ini.

"Adanya sirkulasi siklonik (pusaran angin) terbentuk di utara perairan Aceh, dan shearline (belokan angin) di wilayah barat hingga tenggara Aceh," ucap Kepada Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Rabu.

Kedua fenomena yang terjadi wilayah udara di provinsi paling barat Indonesia ini, lanjut dia, telah membawa massa udara dari arah barat Aceh yang mengakibatkan meningkatnya curah hujan turun ke wilayah daratan Aceh secara umum.

Baca juga: Malam ini, fenomena supermoon terakhir pada 2020
Baca juga: Waspadai gelombang tinggi empat meter di Laut Maluku, kata BMKG


Meningkatnya curah hujan mayoritas terjadi rata-rata sedang hingga lebat tersebut berpotensi disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Aceh.

"Untuk besok Kamis (7/5), kita perkirakan hujan bakal terjadi di Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Utara, Aceh Tenggara, Langsa, Pulau Banyak, dan Simeulue," terangnya.

"Kalau hari Jumat (8/7), hujan berpotensi melanda Aceh Besar, Pidie, Aceh Utara, Aceh Barat, Aceh Tenggara, Langsa, dan Pulau Banyak. Dan kondisi cuaca seperti ini, kita perkirakan berlangsung hingga akhir pekan nanti," kata dia.

Baca juga: Jakarta didominasi dengan cuaca berawan hari Rabu
Baca juga: Sebagian Jateng selatan masuki awal musim kemarau, sebut BMKG


Sedangkan kondisi perairan, ungkapnya, akan berimbas pada meningkatnya gelombang laut hingga rata-rata setinggi empat meter lebih yang melanda sejumlah wilayah perairan di Aceh.

"Kita minta nelayan agar waspada terhadap gelombang tinggi mencapai empat meter di Samudera Hindia barat Aceh, barat-selatan Aceh, dan perairan utara Sabang," terang Zakaria.

Prakirawan BMKG Aceh telah mengeluarkan peringatan dini cuaca Provinsi Aceh menyebut, bahwa berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada hari ini pukul 18.10 WIB di Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Timur dan sekitarnya.

​​​​​​Hujan ini berpotensi meluas ke Aceh Barat Daya, Bener Meriah, Aceh Utara, Nagan Raya, Aceh Tenggara, Aceh Selatan dan sekitarnya yang diperkirakan berlangsung hingga pukul 21.10 WIB.

Baca juga: BMKG tegaskan gempa di Selat Sunda tak berpotensi tsunami
Baca juga: BMKG: Gempa di Kudus menunjukkan Sesar Muria masih aktif


 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cuaca buruk, kapal penyeberangan Banda Aceh - Sabang tidak beroperasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar