Menkop UKM dukung Kopisetara kembangkan destinasi wisata di Indonesia

Menkop UKM dukung Kopisetara kembangkan destinasi wisata di Indonesia

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. ANTARA/HO-Humas Kemenkop/aa.

ingin bekerja sama dengan Kopisetara untuk mengembangkan selain di 5 destinasi wisata, juga potensi pemanfaatan jasa lingkungan di berbagai daerah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan siap mendukung Koperasi Jasa Sentra Wisata alam Nusantara (Kopisetara) untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat dari aktivitas pariwisata yang ramah lingkungan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berbicara dalam webinar diskusi “Pemanfaatan Jasa Lingkungan di Kawasan Konservasi untuk Pariwisata”, di Jakarta, Rabu, mengatakan pariwisata telah ditetapkan sebagai sektor unggulan yang diharapkan menyumbangkan kontribusi besar bagi perekonomian bangsa.

“Secara khusus Presiden menyampaikan ke saya untuk terus dikembangkan pemanfaatan perhutanan sosial dengan desa wisata ini, sehingga pemanfaatan jasa lingkungan itu, akan jauh lebih memberikan manfaat dan juga tidak merusak fungsi ekosistem,” kata Teten.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung aktivitas Kopisetara yang bermitra dengan Federasi Mountaineering Indonesia untuk menjadi penggerak wisata alam di Indonesia.

Terlebih Kopisetara juga punya keyakinan untuk bisa memanfaatkan jasa lingkungan memanfaatkan lokasi-lokasi konservasi untuk kegiatan wisata berkelanjutan.

“Kami ingin bekerja sama dengan Kopisetara untuk mengembangkan selain di 5 destinasi wisata, juga potensi pemanfaatan jasa lingkungan di berbagai daerah,” kata Teten.

Teten menilai pariwisata merupakan sektor yang sangat prospektif untuk mendatangkan kesejahteraan kepada masyarakat secara adil dan merata tanpa mengeksploitasi alam secara berlebihan dan tanpa harus membuka keran impor.

Untuk itu pihaknya siap berkoordinasi dan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga lain untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di tanah air.

“Kami memang masuk ke semua sektor, tapi fungsi kami lebih ke pengembangan kewirausahaannya,” kata Teten.

Oleh karena itu, pihaknya siap menggandeng Kopisetara untuk mendukung gerakan kewirausahaan dan memperkuat kompetensi SDM yang bergerak di bidang pariwisata khususnya yang fokus pada kelestarian alam.

”Nanti kita bisa bekerja sama dengan berbagai pihak, yang bisa berkecimpung dengan temen-teman yang berkecimpung di bisnis pariwisata salah satunya Kopisetara. Kita membuat rencana kerja bersama untuk mengembangkan desa-desa wisata mengembangkan wisata alam, memanfaatkan jasa lingkungan ini,” kata Teten Masduki.

Baca juga: Pemerintah siap kucurkan bantuan likuiditas koperasi saat pandemi
Baca juga: Menkop sebut transaksi daring produk pangan hingga olahraga meningkat
Baca juga: Menkop siapkan dua skema mitigasi pelaku UMKM terdampak COVID-19

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkop UKM lepas ekspor lidi nipah Babel ke Nepal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar