edukasi pencegahan virus corona ini sangat penting, karena masih banyak warga yang belum mengetahui dan bandel
Sigi, Sulteng (ANTARA) - Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Desa Lolu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan COVID-19.

"Edukasi yang dilakukan SIBAT PMI ini merupakan bagian dari upaya preventif dan memutus rantai penularan virus mematikan tersebut, karena dengan memberikan pemahaman kepada warga bisa meminimalisasikan penyebaran COVID-19," kata Ketua Relawan SIBAT Desa Lolu Rusman melalui sambungan telepon, Rabu.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan awal dan ke depan mereka juga melakukan penanganan lain seperti penyemprotan disinfektan ke rumah warga serta pembuatan masker kain yang nantinya dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Kegiatan yang dilaksanankan pada sore hingga menjelang berbuka puasa tersebut disaksikan langsung Kepala Desa Lolu Kurniadi Latjedi yang juga ikut turun bersama relawan SIBAT dalam memberikan sosialisasi.

Lanjut dia, edukasi pencegahan virus yang bisa menyebabkan kematian ini sangat penting, karena masih banyak warga yang belum mengetahui dan bandel seperti tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah maupun melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Sosialisasi yang bertujuan mengedukasi masyarakat ini juga untuk membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19," tambahnya.

Sementara, Kepala Desa Lolu Kurniadi Latjedi mengatakan apa yang sudah dilakukan relawan SIBAT ini cukup membantu pihaknya dalam memberikan edukasi terkait pencegahan penyebaran virus corona, karena pemerintah tidak bisa sendiri dalam melakukan penanggulangan. Harus ada peran aktif dan kesadaran dari masyarakat untuk memutus mata rantai risiko penyebaran COVID-19.

"Kami berharap kegiatan ini dapat terus berjalan agar semakin banyak masyarakat yang sadar dan mengetahui tentang virus corona, sehingga mengetahui cara untuk menghadapinya," katanya. 
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020