Pemkot Jaksel sediakan layanan sedekah "drive thru" di Tol Desari

Pemkot Jaksel sediakan layanan sedekah "drive thru" di Tol Desari

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji (duduk) meninjau lokasi sedekah drive thru di jalan Tol Depok Antasari (Desari, Jakarta Selatan, Rabu (6/5/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Program ini hanya ada di bulan Ramadhan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memfasilitasi warga yang ingin bersedekah atau berdonasi di bulan Ramadhan lewat program program Sedekah Drive Thru atau sedekah tanpa turun di gerbang Tol Depok Antasari (Desari).

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, mengatakan masyarakat dapat mendonasikan bantuan berupa uang maupun sembako di pintu keluar Tol Desari.

"Program ini hanya ada di bulan Ramadhan, jadi pengguna jalan tol bisa bersedekah atau mendonasikan uang maupun sembako di pintu tol ini," kata Isnawa.

Isnawa yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jakarta Selatan menyebutkan, program sedekah "drive thru" ini menggandeng PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk selaku pengelola jalan Tol Desari.

Baca juga: BPJamsostek bantu dua ton beras ke Pemkot Jaksel

Kerja sama ini bagian dari program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) yang diluncurkan Pemprov DKI Jakarta tanggal 29 April 2020.

Bantuan yang disalurkan melalui program itu akan didistribusikan kepada masyarakat rentan terkena dampak COVID-19 berada di sekitar tol Desari.

"Donasi ini diprioritaskan kepada warga yang tinggal di sepanjang tol ini, ada tiga kecamatan yakni Cilandak, Pasar Minggu dan Jagakarsa, totalnya ada lima kelurahan," kata Isnawa.

Melalui program ini Pemkot Jaksel bertugas mendistribusikan bantuan yang terkumpul melalui program sedekah drive thru, sedangkan PT CMNP bertugas mengakomodir bantuan yang telah masuk.

Pemkot Jaksel mempersilahkan para lurah untuk mengusulkan RT mana saja yang berhak menerima bantuan dari donasi pengguna jalan tol tersebut. Lalu pihak RT akan mendata nama serta alamat warga yang berhak menerima.

Baca juga: KSBB di Jaksel salurkan 1.995 paket sembako ke 15 kelurahan

Terkait teknis pengumpulan sedekah drive thru ini, Juris Tobing selaku perwakilan PT CMNP mengatakan program sedekah drive thru telah dimulai sejak Senin (4/5). Sejumlah warga telah bersedekah dan berdonasi di jalur drive thru yang telah disediakan.

"Jadi yang bingung mau sedekah dalam kondisi PSBB ini bisa lewat jalan tol kami, di Gerbang Tol Cilandak Utama, enggak usah turun mobil, cukup masuk jalur drive thru, tinggal buka kaca, taruh di meja dan jangan khawatir ada protokol kesehatannya," kata Juris.

Ada tiga lokasi sedekah drive thru di gerbang Tol Desari, yakni ada di jalur masuk Tol Cilandak Utama, sebelum gerbang tol sebelah kiri terdapat jalur drive thru dan untuk kendaraan dari arah Depok ke arah Jakarta (via Antasari) terdapat di dua titik setelah pintu gerbang tol, jalur paling kiri untuk jalur drive thru.

Baca juga: Pemkot Jaksel intensifkan jaring PMKS cegah penyebaran COVID-19

"Tidak usah khawatir kalau sedekahnya tidak sampai, karena kita kerja sama langsung dengan Pemkot Jaksel, dipastikan sampai kepada pihak-pihak yang membutuhkan," kata Juris.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penyemprotan disinfektan dengan drone diujicobakan di Jaksel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar