Bandung, (ANTARA News) - Ruas jalan dari pintu masuk menuju ke obyek wisata Gunung Tangkuban Parahu Kabupaten Bandung Barat Jabar, terkesan tidak terawat, karena baik Pemkab Bandung Barat dan Pemkab Subang mengaku tidak memiliki kewenangan pengelolaan jalan tersebut.

Jalan ke obyek wisata Gunung Tangkuban Parahu sepanjang 3 Km sejak pintu gerbang Cikole, rusak barat, tampaknya dapat membahayakaan wisatawan.

Keterangan dari berbagai sumber di lokasi obyek wisata Tangkuban Parahu, Selasa, menyebutkan kerusakan jalan tersebut sudah terjadi sejak sembilan bulan lalu.

"Awal-awalnya tidak begitu rusak, tetapi tiga bulan terakhir kerusakan makin banyak dan hampir sepanjang jalan," kata Agus Sutisna pemandu wisata di sana kepada wartawan, Selasa.

Para pemandu wisatawan, menyayangkan pemerintah tidak memelihara jalan tersebut, karena obyek wisata kawah Gunung Tangkuban Parahu ini masih sangat dimintai turis baik domestic maupun mancanagara.

Wisatawan yang berkunjung ke obyek yang sudah dikenal ke mancanagara dan menjadi ikon kepariwisataan Jabar kedua setelah Pantai Pangandaran ini, tidak pernah sepi. 

Sarana penunjang lain seperti, kios-kios cedere mata dan barang lainnya serta makanan, demikian Agus, kondisinya sudah cukup baik, dan mampu menjadi daya tarik kedua setelah obyek wisatanya.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009