Bicara rindu kami juga rindu."
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) pada Rabu malam sampai Kamis dini hari memeriksa sejumlah kedaraan truk, bus dan mobil pribadi dari Jakarta yang dicurigai berpenumpang akan mudik.

Twitter Pusat Manajemen Lalu Lintas (TMC) Polda Metro Jaya sepanjang Rabu malam secara berkala memberikan informasi lokasi pos pengamanan Operasi Ketupat COVID-19 2020/PSBB dengan memberlakukan pemeriksaan dan pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan yang dicurigai membawa pemudik.

Lokasi pemeriksaan tersebut, antara lain di KM 31 Tol Cikarang Barat, dan apel malam kegiatan pengalihan arus lalu lintas tersebut dipimpin oleh Kepala Bagian Operasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Karosekali Dharmawan di Pos Pam Terpadu Cikarang Barat.

Baca juga: Dua lajur Tol Jakarta-Cikampek disekat untuk halau pemudik

Pada cuitan bertanda pagar #PolriTegasLarangMudik tersebut Polda Metro Jaya juga menginformasikan pemeriksaan arus lalu lintas dilakukan di KM 26 Tol Bitung Tangerang.

Tidak hanya pengawasan lalu lintas kendaraan yang dicurigai membawa pemudik, pada Rabu malam juga digelar apel berskala besar gabungan TNI dan Polri untuk mencegah gangguan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Sekira pukul 22.54 WIB, Polri juga memberikan imbauan kepada pedagang yang berjualan di sepanjang trotoar Jatinegara, Jakarta Timur, untuk pulang ke rumah guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Baca juga: 1.700 ranmor pemudik dari Jakarta diputar balik di gerbang Tol Ngawi

Pada akun twitter TMC Polda Metro Jaya juga disematkan video pendek tentang "tidak mudik bukan berarti tidak rindu, tetapi tidak mudik karena sayang dan peduli".

Dalam video menjelaskan siapa yang tidak rindu dengan kampung halaman, seperti rindu dengan masakan ibu dan sapaan hangat kawan kecil yang lewat di depan rumah keluarga di kampung halaman.

Kepolisian pun meminta maaf karena harus mencegah masyarakat untuk mudik ke kampung halaman dan meminta untuk kembali ke rumah masing-masing.

"Kami tahu kalian pasti marah pada kami, tapi ada keluarga nan jauh di sana yang harus juga kami lindungi. Bicara rindu kami juga rindu," begitu penggalan petikan narasi video klip yang disematkan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Baca juga: Pemerintah gelontorkan bantuan sosial untuk redam pemudik dari Jakarta

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2020