Ketika saya mencium lapangan usai gol ketiga, saya mengucapkan salam perpisahan dengan stadion ini
Jakarta (ANTARA) - Thierry Henry mengemas tiga gol saat mengantarkan Arsenal menang 4-2 atas Wigan Athletic dalam laga penutup Liga Premier Inggris musim 2005/06, sekaligus pertandingan pemungkas klub London itu dengan stadion Highbury, pada Minggu 7 Mei 2006.

Robert Pires lebih dulu membawa Arsenal unggul pada menit kedelapan, gol yang langsung dibalas dua menit kemudian oleh Paul Scharner dan kemudian David Thompson membawa Wigan berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-33.

Tapi kepemimpinan Wigan seumur dengan keunggulan awal Arsenal, hanya dua menit, sebab Pires mengirimkan umpan terobosan yang diselesaikan Henry demi membuat skor imbang 2-2 dan kedudukan bertahan hingga turun minum.

Henry mencetak gol keduanya pada menit ke-56 ketika Thompson melalukan blunder umpan balik, bola direbut Henry dan ia mengecoh kiper Mike Pollitt sebelum menjebol gawang tak bertuan untuk membawa Arsenal unggul 3-2.

20 menit berselang, wasit Uriah Rennie mengganjar Andreas Johansson dengan kartu merah setelah menjegal Freddie Ljungberg di area terlarang. Henry melakoni tugas sebagai algojo, memastikan kemenangan 4-2 bagi Arsenal dan melakukan selebrasi dengan mencium permukaan rumput Highbury.

"Ketika saya mencium lapangan usai gol ketiga, saya mengucapkan salam perpisahan dengan stadion ini," kata Henry selepas pertandingan sebagaimana dilaporkan BBC pada 7 Mei 2006.

Baca juga: Hari ini 19 tahun silam, kisah sukses Henry di Arsenal bermula

Tak sekadar menjadi laga pemungkas musim, pertandingan terakhir Arsenal di Highbury juga memastikan mereka finis di urutan keempat Liga Premier 2005/06 atau meraih satu tiket ke Liga Champions lantaran di pertandingan lain Tottenham Hotspur kalah 1-2 di kandang West Ham United.

"Untuk sejarah klub dan gedung ini, menutup musim dengan sebuah raihan positif membuat saya bangga," kata manajer Arsenal Arsene Wenger selepas pertandingan.

"Kami tentunya akan dilanda rasa bersalah jika meninggalkan stadion ini dengan capaian tak bagus setelah segala hal yang sudah terjadi di sini puluhan tahun," ujarnya menambahkan.

Maka pada 7 Mei 2006, Arsenal mengucapkan salam perpisahan dengan Highbury, stadion yang sudah 93 musim mereka diami.

Baca juga: Wenger: "iklim sulit" di Stadion Emirates buat Arsenal sulit raih gelar

Halaman selanjutnya: Laga perpisahan itu...

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020