Jakarta (ANTARA) - Air mawar biasa digunakan sebagai bahan dari produk kecantikan dan perawatan kulit, namun air ini juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Jika menyimpan air mawar di rumah, Anda bisa menggunakannya saat terbakar sinar matahari. Alih-alih membeli krim mahal, air mawar bisa digunakan untuk mengobati kulit terbakar.

Caranya pun sangat sederhana, cukup mencelupkan bola kapas ke dalam air mawar dan oleskan dengan lembut pada kulit yang terbakar matahari.

Dilansir Indian Express, Kamis, air mawar dapat digunakan untuk melembabkan dan menghidrasi kulit saat udara panas. Caranya, campurkan sedikit air mawar pada krim wajah. Krim yang mencair ini akan lebih mudah dan segar ketika diaplikasikan pada wajah.

Air mawar juga bisa digunakan untuk membuat rambut halus dan mengkilap. Anda bisa menambahkan air mawar ini pada shampo yang akan digunakan saat keramas.

Mawar memiliki aroma yang harum dan segar, untuk itu, Anda bisa menggunakannya sebagai deodoran alami. Anda juga bisa menaburkan sedikit air mawar pada pakaian, meski wanginya tidak bertahan lama namun dapat menghadirkan perasaan segar.

Air mawar juga berguna sebagai dasar sebelum Anda mulai menggunakan produk kosmetik. Air ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.
   

Baca juga: Sebelum mengobati, kenali penyebab jerawat di dahi

Baca juga: 9 produk kosmetik yang sebenarnya tak berguna

Baca juga: Kiat awet muda dari dokter ahli Prancis

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020