Jakarta (ANTARA) - Shopee mencatatkan beberapa tren utama pada platform e-commerce di tengah upaya Indonesia melawan penyebaran virus COVID-19 saat ini.

Menurut Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, situasi saat ini tidak hanya mengubah cara bekerja dan menjalankan hidup sehari-hari, tetapi juga dalam berbelanja online.

"Dengan meningkatnya upaya masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan beraktivitas dari rumah, kami melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya, mulai dari perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi," ujar Handhika dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Karena masyarakat cenderung berbelanja secara online untuk kebutuhan esensial dan perlengkapan rumah, Shopee melihat mitra brand dan penjual di kategori Perlengkapan Rumah, Makanan & Minuman, serta Kebutuhan Ibu & Bayi mendapatkan lonjakan permintaan dari para pengguna.

Baca juga: Pengguna keluhkan akun Shopee tiba-tiba logout

Baca juga: ShopeePay dan PMI hadirkan program donasi lawan COVID-19


Selain memastikan ketersediaan stok barang, Shopee juga berupaya untuk menjaga harga produk untuk berada di taraf wajar dan sesuai dengan kondisi pasar, mengingat adanya peningkatan permintaan akan produk/kategori ini.

Meningkatnya upaya penerapan kebijakan physical distancing saat ini juga telah menghasilkan peningkatan atas kebutuhan sanitasi, yang mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan.

Sebagai contoh, Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir tiga kali lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

Sehubungan dengan diberlakukannya kebijakan physical distancing selama bulan Ramadhan tahun ini, Shopee juga menghadirkan kampanye Big Ramadhan Sale tahun ini untuk memberikan akses yang lebih baik lagi ke berbagai kebutuhan esensial, sekaligus merayakan Ramadhan secara efektif.

"Kampanye Big Ramadhan Sale kami telah diterima dengan baik hingga saat ini, terlihat dari bagaimana kenyamanan pengalaman berbelanja para pengguna kami, yang tentunya berbanding lurus dengan peningkatan bisnis yang dialami oleh para penjual dan mitra brand kami," ujar Handhika.

Walaupun masyarakat Indonesia menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dari rumah, Shopee tetap melihat adanya peningkatan atas permintaan untuk produk-produk dalam kategori Kecantikan, Muslim Fashion, dan HP pada pekan pertama Ramadhan.

Selain itu, produk-produk pada kategori Dekorasi Rumah dan Home & Living melonjak karena kegiatan dipusatkan di rumah selama bulan Ramadhan tahun ini.

Melihat situasi pandemi yang mengharuskan beribadah dari rumah, Shopee mengamati adanya peningkatan kegiatan berbelanja di kampanye Big Ramadhan Sale dengan peningkatan dua kali lipat terhadap jumlah kunjungan dibandingkan dengan hari biasanya di puncak kampanye Big Ramadhan Sale pertama yang berlangsung pada 5 Mei.

Produk-produk terpopuler meliputi Aksesoris Pengendara Motor, Kerudung dan Pakaian Muslim Perempuan, hingga Perlengkapan dan Aksesoris Dapur.

Selain kampanye Big Ramadhan Sale, Shopee juga akan menggelar kampanye Big Ramadhan THR Sale pada 11 Mei 2020 dan THR Ekstra Day pada 15 Mei 2020.

Baca juga: Kenangan Shopee berkolaborasi dengan "Pakdhe" Didi Kempot

Baca juga: Tujuh aplikasi untuk pesan makanan berbuka puasa

Baca juga: Komunitas Penjual Shopee donasikan masker kain melalui Dompet Dhuafa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020