Bupati HSS lepas kepulangan enam ODP negatif

Bupati HSS lepas kepulangan enam ODP negatif

Bupati HSS H Achmad Fikry memberikan bingkisan kepada para ODP di Kandangan, Kamis (7/5/2020) ANTARA/HO

Banjarmasin (ANTARA) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan H Achmad Fikry melepas kepulangan enam orang dalam pemantauan (ODP) setelah dilakukan tes swab sebanyak dua kali dengan hasil negatif COVID-19.

Ia mengatakan di Kandangan Kamis, pagi tadi melepas enam ODP yang merupakan warga HSS ke rumah masing-masing setelah hasil pemerikasaan kesehatan yang kedua kalinya hasilnya negatif.

Baca juga: Gugus Tugas: 17 pasien positif COVID-19 di Bali sembuh

"Alhamdulillah, hasilnya negatif COVID-19, jadi hari ini mereka dapat kembali berkumpul bersama keluarga di rumah, kenapa kita inapkan di bangunan eks RSUD Kandangan ini agar mempermudah proses swabnya dan lebih cepat," katanya.

Dijelaskan dia, harapan yang sama juga agar beberapa ODP yang masih menginap nantinya hasil swabnya negatif, alasan lainnya kenapa diinapkan karena memang ada yang bertempat tinggal jauh, seperti di Bajayau, Kecamatan Daha Barat dan Pihanin Kecamatan Daha Selatan.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 naik dua kali lipat dibanding kasus meninggal

Disediakan tempat menginap untuk para ODP ini untuk memudahkan dan memproses tes swab, maka petugas medis setiap waktu dapat melakukan tes, termasuk swab untuk satu pasien positif di RSUD Kandangan akan dilanjutkan di tahap berikutnya.

Kepada enam warga yang dipulangkan, ia berpesan agar jangan beraktifitas terlalu padat dulu dan tetap menerapkan imbauan pemerintah untuk pencegahan penyebaran COVID-19, khususnya di lingkungan masing-masing.

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 di Sulbar dinyatakan sembuh

"Kami mengharapkan juga nanti sudah sampai di rumah dan sudah tenang, dapat ikut mendo'akan dan bermohon kepada Allah SWT agar wadah ini cepat berlalu, kehidupan kita kembali normal dan dapat beribadah seperti semula," katanya.

Menurut dia, kata kunci untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini adalah disiplin dalam melaksanakan imbauan pemerintah seperti kalau keluar rumah mengenakan masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan lainnya.

Pihaknya juga berterima kasih atas kesediaan para ODP yang bersedia untuk menginap di fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah, sehingga memudahkan dalam pemeriksaan oleh tenaga medis, dan juga bersyukur karena kondisi pasien COVID-19 dari HSS sudah ada yang sembuh.

Juru Bicara Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten HSS yang juga Kepala Dinas Kesehatan HSS dr Siti Zainab menyampaikan saat ini masih ada lima ODP yang menginap di bangunan eks RSUD Kandangan dan menunggu hasil tes swab yang dilakukan.

Sebanyak enam ODP yang dipulangkan sebelumnya menginap mulai dari tanggal 24 April 2020 atau kurang lebih dua minggu, tiga ODP dari Desa Muning Baru, Pihanin Raya, Tambangan, Kecamatan Daha Selatan, satu ODP dari Desa Bangkau, Kecamatan Kandangan, dan dua orang dari Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat.

Turut hadir dalam pelepasan itu, Sekretaris Daerah HSS H Muhammad Noor, Plt Kepala Diskominfo HSS Sasmi Rifani, Camat Kandangan Ronaldy P Putra, dan jajaran Dinas Kesehatan HSS.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Fathurrahman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar