Jakarta (ANTARA) - Microsoft, Kamis (7/5), merilis cuplikan untuk game konsol Xbox terbaru yang akan hadir tahun ini, "Assassin's Creed," dalam acara streaming yang dihadiri studio game dari seluruh dunia.

Dikutip dari AFP, acara itu merupakan upaya Microsoft untuk meningkatkan penggunaan game pada konsol terbarunya dengan sejumlah judul game populer untuk bersaing dengan perangkat PlayStation milik Sony.

Konsol Xbox X terbaru diharapkan meluncur pada akhir tahun ini, meskipun Microsoft belum mengumumkan tanggal rilis.

Sony juga akan merilis PlayStation 5 akhir tahun ini. Konsol PlayStation 4 telah mengalahkan penjualan Xbox One sejak konsol tersebut diluncurkan pada akhir 2013.

"Pengembang menggunakan perangkat keras untuk mencapai impian mereka, dan mimpi buruk mereka, dengan cara yang luar biasa menggunakan kekuatan untuk mengoptimalkan permainan mereka seperti yang mereka inginkan," kata Aaron Greenberg dari Team Xbox tentang konsol yang akan datang.

Greenberg mengatakan bahwa studio game milik Microsoft sedang bekerja keras pada game "Halo" yang hanya ditawarkan di Xbox atau komputer pribadi yang didukung Windows.

Kepala Xbox Games Studio Matt Booty mengatakan sejumlah game dari studio game Xbox akan dipamerkan pada bulan Juli mendatang.

Baca juga: Situs online Game Nintendo sempat "down" 9 jam

Baca juga: Kompatibel dengan iOS, Apple mulai jual kontroler nirkabel Xbox


Menurut analis, Microsoft sulit akan bersaing di pasar, dikarenakan Sony memiliki daftar konten eksklusif, seperti "Horizon Zero Dawn," "God of War," dan "Spider-Man" milik Marvel.

"Kami tahu Xbox Series X akan, di atas kertas, memiliki spesifikasi yang lebih kuat daripada PS5, namun Sony memiliki pegangan yang kuat di pasar game," kata lembaga riset pasar Futuresource.

Sementara itu, acara streaming Microsoft dihadiri oleh raksasa studio game pihak ketiga, termasuk Ubisoft dan Electronic Arts. Dalam acara itu, penggemar "Assassin's Creed" melihat cuplikan game yang diatur dalam masa Viking.

"Menyoroti invasi Inggris oleh gerombolan Viking yang sangat besar, dan pada saat itu Inggris seperti benang kusut kerajaan yang bertikai," kata direktur kreatif Valhalla Ashraf Ismail.

Judul game lainnya akan berkisah tentang fiksi ilmiah, horor, vampir dan balap mobil.

Video game mengalami pertumbuhan luar biasa selama pandemi COVID-19 yang membuat miliaran orang untuk tetap berada dalam rumah.

Baca juga: "Fortnite" jadi game pertama dengan keyboard dan mouse di Xbox One

Baca juga: Microsoft diskon harga konsol Xbox One X saat Black Friday

Baca juga: Microsoft siap hadirkan dukungan keyboard dan mouse untuk Xbox One

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020