Untuk penyadaran ini, lanjut dia, bukan hal yang mudah, tapi tetap harus kita lakukan bersama-sama
Surabaya (ANTARA) - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya, Jawa Timur, memaklumi masih adanya ratusan masjid dan mushala yang mengadakan ibadah Shalat Tarawih dan Shalat Jumat di tengah pelaksanaan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua PCNU Surabaya Achmad Muhibbin Zuhri, di Surabaya, Jumat, mengatakan sebenarnya sudah banyak masjid dan mushala yang mengikuti seruan atau imbauan ulama, termasuk dari NU dan pemerintah selama pelaksanaan PSBB.

Baca juga: NU nilai pemberlakuan PSBB di Surabaya belum efektif

"Kita bisa memaklumi. Kan ada orang masih berat, sesuatu yang sudah menjadi inhern dalam kebiasaan hidup sehari-hari, tiba-tiba harus dihentikan. Itu suatu shock dan ini harus ditangani secara persuasif," katanya.

Berdasar data Kementerian Agama (Kemenag) ada sekitar 290 dari 2.504 masjid dan mushala  di Surabaya yang melaksanakan ibadah Shalat Tarawih di tengah pemberlakuan PSBB. Sedangkan sekitar 96 masjid di Surabaya yang masih melaksanakan Shalat Jumat.

Muhibbin berharap petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan pihak kelurahan lebih aktif melakukan pendekatan. "Untuk penyadaran ini, lanjut dia, bukan hal yang mudah, tapi tetap harus kita lakukan bersama-sama," katanya. 

Baca juga: Tarawih berjamaah dilaksanakan di 290 masjid di Surabaya semasa PSBB

"Tidak ada salahnya ibadah di rumah dalam kondisi seperti ini. Pada bulan Ramadhan ini semua harus tetap gembira. Seorang mukmin akan sedih kalau melakukan maksiat. Makanya, dengan di rumah saja justru mengajarkan kita betapa nikmatnya bisa menjadi imam bagi anak dan istri," katanya.

Selain itu, lanjut dia, yang terpenting lagi dari semua itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya harus menginstruksikan kepada semua warga Kota Pahlawan itu untuk berdoa dan bertobat kepada Allah SWT.

"Kemenangan rakyat Surabaya dalam perang 10 November itu berkat kekuatan doa dan ikhtiar," katanya.

Baca juga: Pemkot Surabaya evaluasi hari ketujuh pelaksanaan PSBB

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020