JK sampaikan penghargaan kepada seluruh relawan penanganan COVID-19

JK sampaikan penghargaan kepada seluruh relawan penanganan COVID-19

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (baju putih) saat memperingati Hari Palang Merah Sedunia secara daring yang dipantau di Jakarta, Jumat. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

saya sampaikan terima kasih dan penghargaan. Selamat untuk Anda semua yang telah berusaha sebaik-baiknya
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh relawan, pengurus serta semua pihak yang telah bersama-sama dengan PMI membantu penanganan COVID-19 di Tanah Air.

"Dalam kesempatan ini saya sampaikan terima kasih dan penghargaan. Selamat untuk Anda semua yang telah berusaha sebaik-baiknya," kata JK saat Peringatan Hari Palang Merah Sedunia secara daring di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Hari Kesiapsiagaan Bencana, PMI fokus memutus penularan COVID-19

Selain itu JK juga menyampaikan duka cita mendalam serta penghargaan bagi relawan PMI yang wafat dalam menjalankan tugas-tugas mereka khususnya relawan di Makassar, Purwakarta dan Wonogiri.

Bahkan, dalam kesempatan itu secara simbolis, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 RI tersebut menyerahkan penghargaan langsung kepada perwakilan-perwakilan keluarga almarhum/almarhumah. 

"Mereka semua telah mendalami dan melaksanakan prinsip-prinsip kemanusiaan sehingga mengorbankan jiwa dan raganya dalam rangka mengabdi pada kemanusiaan. Mereka telah berjuang luar biasa untuk kita semua," ujarnya.

Baca juga: JK jelaskan upaya penanggulangan COVID-19 kepada ICRC Asia Tenggara

Secara umum dalam menghadapi pandemi COVID-19, ia mengatakan upaya penanganan telah dilakukan sebaik mungkin oleh banyak pihak termasuk PMI baik di tingkat provinsi, kabupaten atau kota.

Namun langkah-langkah untuk memutus mata rantai penularan harus tetap dilakukan agar dapat mengurangi jumlah korban COVID-19.

Hal itu termasuk dengan mengikuti aturan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan bekerja dari rumah.

Baca juga: PMI gandeng TNI perangi COVID-19

Di sisi lain, ia mengakui penerapan semua orang tinggal di rumah menimbulkan masalah ekonomi dan sosial sehingga diharapkan PMI yang bergerak di bidang-bidang terdampak mempersiapkan langkah-langkah penanganan pula.

JK mengatakan dibutuhkan kerja sama setiap komponen bangsa sebab pada hakikatnya PMI tidak hanya menyelesaikan masalah COVID-19, tapi juga persoalan-persoalan lain yang timbul bersamaan.

Bagian dari kebencanaan ialah masalah ekonomi sosial masyarakat akibat besarnya bencana nonalam. Untuk itu semua pihak harus bersatu dan PMI berada di depan serta bekerja terus menerus dengan melibatkan masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga: PMI siapkan paket bantuan bagi masyarakat zona merah COVID-19

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

JK akan tambah peralatan plasma darah di Kalsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar