RS Pertamina Jaya catat 9 persen peserta swab test positif

RS Pertamina Jaya catat 9 persen peserta swab test  positif

Petugas medis mengambil cairan tenggorokan untuk 'Swab Test' Drive Thru di RS Pertamina Jaya. ANTARA/Livia Kristianti/am.

Hasil swab test dari layanan drive thru RS Pertamina Jaya itu akan keluar dalam waktu 2x24 jam setelah pengambilan cairan rongga pernafasan
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Pertamina Jaya Cempaka Putih mencatat sebanyak 9 persen peserta yang mengikuti 'swab test' melalui layanan drive thru di Halaman RS Pertamina Jaya berstatus terpapar positif COVID-19.

"Secara rata-rata hasil positif itu 9,4 persen dari seluruh yang diperiksa di rumah sakit kami," kata Direktur Utama RS Pertamina Jaya Syafik Ahmad di Jakarta, Jumat.

Hasil swab test dari layanan drive thru RS Pertamina Jaya itu akan keluar dalam waktu 2x24 jam setelah pengambilan cairan rongga pernafasan, jika hasilnya positif namun pasien tidak memiliki gejala COVID-19 atau orang tanpa gejala (OTG) maka yang bersangkutan akan dirujuk ke RSD Wisma Atlet.

"Apabila ada gejala penyerta misalnya seperti demam, batuk, atau mulai agak ga enak dalam pernafasan, itu kita anjurkan dirawat di bagian modular dari RS Pertamina Jaya," kata Syafik.

Baca juga: RS Pertamina miliki "drive thru" swab test untuk publik

Baca juga: RS Pertamina Jaya gunakan dua robot bantu tangani COVID-19

Baca juga: ITS-Unair kolaborasi ciptakan robot sterilisasi ruangan COVID-19


Jika kondisi peserta 'Drive Thru' dengan hasil swab positif ternyata melebihi gejala awal COVID-19, maka yang bersangkutan akan dirawat di bagian inti RS Pertamina Jaya khusus penyakit-penyakit kompleks.

Layanan swab test drive thru di RS Pertamina Jaya merupakan inovasi bagi masyarakat yang ingin mengecek kondisi tubuhnya tanpa harus memasuki ruang perawatan untuk mengetahui terpapar COVID-19 atau tidak.

"Keunikan dari drive thru ini, pasien atau orang yang ingin memeriksakan diri bisa mengunakan mobil, masuk ke halaman RS Pertamina Jaya. Kemudian tanpa harus  turun dari mobil, dokter  akan melakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel cairan dari hidung atau mulut dan kemudian kita periksa di laboratorium kami," kata Syafik.

Syafik mengatakan selama tiga hari pelaksanaan drive thru swab test sejak Senin (4/5) tercatat 84 orang telah melakukan pengetesan di dalam mobil  usai melakukan pemesanan via WhatsApp dengan RS Pertamina Jaya.

Terkait biaya, Syafik tidak mau menyebutkan besaran harga yang harus dibayar bagi warga yang ingin melakukan pengetesan COVID-19 itu.

"Tarif kita bisa bicarakan nanti di jelaskan di WA, 082111365121. Jadi memang ini WhatsApp kami dedikasikan khusus untuk layanan drive thru," ujar Syafik.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jayapura miliki lantatur untuk tes usap PCR dan antigen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar