Sebelum check in, penumpang akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19.
Tanjungpinang (ANTARA) - Bandara Raja Haji Fisabillah (RHF) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, melayani sebanyak 24 penumpang pada hari pertama beroperasi, setelah sempat tidak melayani penumpang komersial akibat pandemi COVID-19.

"Hari ini ada 24 penumpang yang datang dan berangkat menggunakan maskapai Garuda rute Tanjungpinang-Jakarta," kata Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bandara RHF, Bravian Bambang Y, Jumat.

Bravian menyebut, saat ini kondisi Bandara RHF sudah beroperasi normal kembali seperti semula.

Baca juga: KKP Bandara Soetta ungkap 40 penumpang positif COVID-19 pada April-Mei

Hanya saja, kata dia, ada prosedur tambahan bagi calon penumpang yang akan berangkat, yaitu dicek kesehatan serta verifikasi hasil rapid test yang telah dilakukan sebelumnya oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan).

"Sebelum check in, penumpang akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19," ujarnya.

Bandara RHF tidak melayani penerbangan komersial penumpang sejak 24 April 2020, setelah pemerintah pusat mengeluarkan larangan mudik masyarakat di tengah situasi COVID-19.

Baca juga: AP I siapkan posko penjagaan dan pemeriksaan di Bandara YIA

Kendati begitu, bandara tersebut tetap buka dan beroperasi melayani penerbangan yang membawa kargo dan atau penerbangan VVIP, termasuk esawat TNI-AU yang membawa kebutuhan peralatan dan perlengkapan medis dari Pemerintah Pusat untuk rumah sakit di wilayah Provinsi Kepri.

Pewarta: Ogen
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020