WNI di Austria kumpulkan donasi untuk Indonesia lawan COVID-19

WNI di Austria kumpulkan donasi untuk Indonesia lawan COVID-19

Duta Besar RI untuk Republik Austria dan Republik Slovenia / Wakil Tetap RI untuk PBB dan Organisasi Internasional Lainnya di Wina, Dr. Darmansjah Djumala memimpin upacara peringatan HUT Proklamasi RI ke-74 yang diadakan KBRI/PTRI Wina di halaman KBRI/PTRI Wina, Sabtu, (17/8) (Kbri)

Jakarta (ANTARA) - Warga negara Indonesia dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia mengumpulkan dana donasi bagi mereka yang ada di Tanah Air dalam melawan pandemi COVID-19, di bawah koordinasi dari Kedutaan Besar/Perwakilan Tetap RI di Wina.

Dalam pernyataan tertulis KBRI Wina yang diterima di Jakarta, Jumat, dikatakan penggalangan donasi berlangsung selama dua pekan dan berakhir pada tanggal 5 Mei. Dana yang terkumpul mencapai 4.706 euro atau sekitar Rp76 juta.

”Partisipasi masyarakat Indonesia di Austria dan Slovenia untuk menggalang donasi dilakukan di saat pandemi COVID-19, yang juga dialami oleh kedua negara. Hal ini merupakan wujud rasa persaudaraan kepada sesama bangsa Indonesia di Tanah Air untuk tegar bersama-sama melawan COVID-19,” kata Duta Besar serta Wakil Tetap RI untuk Austria, Slovenia dan PBB serta Organisasi lainnya di Wina, Darmansjah Djumala.

Dia mengatakan masyarakat Indonesia yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan, keagamaan, pelajar, dan profesi, serta individu di berbagai kota di Austria dan Slovenia seringkali melakukan kegiatan bakti sosial untuk bergotong royong meringankan beban sesama masyarakat Indonesia di Tanah Air dalam menghadapi bencana.

Kegiatan tersebut pun juga diselenggarakan dalam upaya melawan pandemi COVID-19 yang kini sedang berlangsung. Tak hanya mereka yang merupakan WNI, para penyumbang juga termasuk warga Austria dan Slovenia yang memiliki kedekatan dengan Indonesia (Friends of Indonesia).

Donasi yang dikumpulkan melalui rekening Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Austria kemudian disalurkan kepada Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19/BNPB melalui nomor rekening resminya.

”Penggalangan donasi yang dilakukan oleh WNI dan Diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia ini mencerminkan kepedulian mereka untuk membantu masyarakat Indonesia dalam upaya meredakan pandemi ini di tanah air,” demikian KBRI Wina.

KBRI/PTRI Wina juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia di Austria dan Slovenia untuk mematuhi kebijakan otoritas setempat dalam melawan COVID-19.

Hingga kini pemerintah Austria dan Slovenia mulai melonggarkan kebijakan untuk aktivitas masyarakat, mengingat kondisi penyebaran COVID-19 telah terbilang stabil dalam kisaran di bawah satu persen kenaikan setiap harinya.

Baca juga: Musisi berkolaborasi dalam konser Indonesia-Austria
Baca juga: Bahasa Indonesia diajarkan di universitas Wina Austria
Baca juga: Produk mebel Indonesia makin diminati pasar Austria untuk apartemen dan rumah


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Erick Thohir terima bantuan penanganan COVID-19 dari swasta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar