BMKG: Sejumlah wilayah Sumatera Selatan bakal hujan lebat

BMKG: Sejumlah wilayah Sumatera Selatan bakal hujan lebat

Banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Jumat (8/5/2020). ANTARA/HO-BPBD OKU Selatan

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan sejumlah wilayah Sumatera Selatan bakal mengalami hujan lebat pada sore hingga menjelang malam hari, Sabtu.

Rilis pers diterima ANTARA di Palembang, Sabtu, BMKG merilis peringatan dini waspada bencana banjir dan longsor untuk wilayah yang diperkirakan bakal hujan lebat itu, yakni Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Lubuklinggau.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada sore hingga malam hari.

Sementara pada pagi hari, cuaca diperkirakan cerah berawan dengan potensi hujan lokal di wilayah Banyuasin.

Baca juga: Waspadai hujan disertai petir di sebagian wilayah Jakarta
Baca juga: Gempa magnitudo 4,4 terjadi di Kabupaten Sukabumi


Siang hari, bakal berawan dengan potensi hujan disertai petir di wilayah OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Lubuklinggau; potensi hujan lokal di wilayah OKU Timur, Prabumulih, Empat Lawang dan Musi Banyuasin.

Sedangkan pada malam hari kemungkinan bakal berawan dengan potensi hujan lokal di wilayah PALI, Prabumulih, Musi Banyuasin dan Banyuasin; potensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Pada dini hari diperkirakan cerah berawan dengan potensi kabut di wilayah Lahat dan Pagaralam.

Suhu Udara untuk wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI : 24 – 32 °C, Kelembaban udara 60 % - 98 %.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan : 18 – 30 °C; Kelembaban Udara 65 % - 100 %.

Angin yang bergerak dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 – 25 km/jam, tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5 – 1,25 m, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0,1 – 0,5 m dan cuaca diperkirakan hujan ringan dengan angin dari Timur – Selatan dengan kecepatan 5 – 27 km/jam.

Baca juga: BMKG prediksi puncak kemarau Agustus, daerah rawan karhutla waspada
Baca juga: BMKG: Tujuh Kabupaten di Sumsel waspada bencana longsor dan banjir

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemerintah antisipasi Karhutla di musim kemarauĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar