Sepatu basket Michael Jordan dilelang

Sepatu basket Michael Jordan dilelang

Sepasang Nike Air Jordan 1s tahun 1985, dibuat untuk dikenakan oleh pemain bola basket Amerika Serikat Michael Jordan. (ANTARA/Reuters/ Sotheby Handout)

Jakarta (ANTARA) - Sepasang sepatu basket legendaris merek Nike milik Michael Jordan dilelang di rumah lelang Sotheby mulai Jumat (8/5) waktu setempat.

Sepatu usang (karena kerap digunakan) dan sudah dibubuhi tanda tangan itu, dilelang untuk menguji pasar atas benda selebriti, yakni koleksi sneaker yang sangat berharga.

Sepatu Nike tipe Air Jordan 1s tersebut dirancang untuk Jordan pada tahun 1985 dan menjadi sepatu yang pertama kali ditandatangani Jordan.

Reuters menyebutkan sepatu itu diperkirakan akan berharga antara 100 ribu dolar (sekira Rp1,5 miliar) hingga 150 ribu dolar (sekira Rp2,2 miliar) dalam lelang online yang akan ditutup pada 17 Mei, kata Sotheby di New York.

Baca juga: Vans luncurkan "Autism Awareness Collection"

Baca juga: Pasokan sepatu dipastikan terlambat saat Lebaran 2020

 
Sepasang Nike Air Jordan 1s tahun 1985, dibuat untuk dikenakan oleh pemain bola basket Amerika Serikat Michael Jordan. (ANTARA/Reuters/ Sotheby Handout)


Sotheby, yang lebih dikenal karena menjual karya seni bernilai jutaan dolar, tahun lalu mengadakan pelelangan pertama yang didedikasikan sepenuhnya untuk sepatu sneakers. Pelelangan ini menetapkan rekor dunia baru yaitu 437.500 dolar (sekira Rp6,5 miliar) untuk sepasang sepatu lari Nike buatan tahun 1972, yang dikenal sebagai "Sepatu Bulan" atau "Moon Shoe".

Sepatu olahraga Air Jordan yang sering dipakai oleh mantan pemain Chicago Bulls ini, seperti kebanyakan sepatu basket Jordan lainnya, adalah sepatu yang tidak memiliki ukuran sama. Ukuran bagian kiri adalah 13 dan ukuran kanan 13,5, kata Sotheby.

Sepatu tersebut dijual oleh kolektor Jordan Geller, pendiri museum sepatu Sneaker Shoezeum, di mana sepatu itu sebelumnya dipajang di Las Vegas. Sepatu itu disebut-sebut sebagai "permata" dari museum, karena menarik banyak penggemar dan kolektor dari seluruh dunia, menurut Geller.

Lelang ini bertepatan dengan ulang tahun ke-35 merek Air Jordan dan pemutaran episode terakhir dari 10 bagian dokumenter televisi ESPN "The Last Dance" tentang Chicago Bulls dan Jordan.

"Dengan semua kegembiraan di sekitar Michael Jordan dan 'The Last Dance,' saya dan istri saya memutuskan bahwa inilah saatnya untuk membiarkan sepatu itu menemukan rumah baru," kata Geller dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Eminem lelang Air Jordan 4 Retro untuk donasi corona

Baca juga: Bepe titipkan sepatu kepada sang pemenang lelang Rp18,6 juta

Baca juga: Sepatu lari ini bisa lacak kecepatan hingga irama langkah

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Inovatif dan Kreatif, kunci sukses Never Too Lavish

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar