Banjir kiriman di OKU Timur meluas

Banjir kiriman di OKU Timur meluas

BPBD OKU Timur mengecek kondisi banjir di Kecamatan Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja, Sabtu (9/5/2020). (ANTARA/HO-BPBD OKUT/20)

Palembang (ANTARA) - Banjir kiriman Sungai Komering meluas ke dua kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur karena debit air belum turun sejak Jumat dan memaksa warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kalaksa BPBD Ogan Komering Ulu Timur, MGS Habibullah, Sabtu, mengatakan banjir meluas serta merendam puluhan rumah warga di Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja dan Kecamatan Madang. Hari sebelumnya banjir hanya melanda Kecamatan Bunga Mayang.

"Menurut warga banjir kali ini bisa dibilang yang terbesar sejak 50 tahun terakhir, tim BPBD OKU Timur sendiri sudah bergerak cepat," ujar MGS Habibullah dihubungi dari Palembang.

Banjir di Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja melanda Desa Muncak Kabau Dusun 1,2 dan 3, sebagian mengungsi ke mushala Dusun 3 serta mengungsi ke desa tetangga.

Baca juga: Banjir rendam sejumlah kecamatan di dua kabupaten Sumatera Selatan

Baca juga: Banjir di OKU Timur rendam persawahan warga


Sedangkan di Kecamatan Madang Suku II banjir melanda Desa Riang Bandung dan Desa Karang Negara, bahkan banjir di Desa Riang Bandung turut merendam sawah siap tanam milik warga.

"Untuk warga Desa Karang Negara diungsikan ke Unit Trans," kata MGS Habibullah.

Selain itu banjir juga masih merendam puluhan rumah warga di Tepian Komering Kecamatan Martapura hingga Sabtu siang karena air terus meluap seiring peningkatan debit Sungai Komering, sehingga BPBD OKU Timur mengingatkan warga agar tetap waspada dengan banjir kiriman.

Aliran Sungai Komering yang melintasi Kabupaten OKU Timur berasal dari sungai-sungai dari Kabupaten OKU Selatan seperti Sungai Selabung dan Saka, sehingga hujan deras di OKU Selatan akan berimbas meningkatkan debit Sungai Komering.

Sementara BMKG memprediksi pada hari ini (9/5) hujan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi di OKU Selatan dan beberapa wilayah di Sumsel dengan durasi singkat pada sore sampai malam hari, sehingga masyarakat diminta waspada.

Pada Sabtu siang, cuaca berawan dengan potensi hujan disertai petir akan terjadi di wilayah OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Lubuklinggau; potensi hujan lokal di wilayah OKU Timur, Prabumulih, Empat Lawang dan Musi Banyuasin.

Sedangkan pada malam hari kemungkinan bakal berawan dengan potensi hujan lokal di wilayah PALI, Prabumulih, Musi Banyuasin dan Banyuasin, potensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Pada dini hari diperkirakan cerah berawan dengan potensi kabut di wilayah Lahat dan Pagaralam.*

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BPBD Sumsel tanam rumput vetiver cegah tanah longsor dan banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar