Jakarta (ANTARA) - Melalui program Bulan Mutu Karantina 2020, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan 2.950 paket ikan di lima wilayah Indonesia untuk melawan COVID-19.

Kelima wilayah itu, yakni Kabupaten dan Kota Mamuju Sulawesi Barat, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasiklamaya, dan Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Di Kabupaten Garut, penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM) Woro Nur Endang Sariati kepada Bupati Garut, Rudy Gunawan pada Jumat (8/5).

Woro Nur Endang Sariati dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan sebanyak 1.200 paket yang terdiri dari 2,4 ton ikan beku, 3.600 ikan kaleng dan 1.200 ikan olahan.

Baca juga: Menteri Edhy upayakan lapangan kerja 14 ABK Long Xing 629

Paket-paket, lanjut dia, tebagi untuk Kabupaten Garut sebanyak 700 Paket, Kabupaten Tasikmalaya 400 Paket, Kota Tasikmalaya 100 Paket.

"Jumlah tersebut sudah dikemas dalam bentuk paket bantuan yang berisi masing-masing 2 Kg ikan beku, 3 ikan kaleng, dan 1 kg ikan olahan otak-otak ikan," katanya.

Dalam penyerahan itu, turut hadir pula anggota Komisi IV DPR Khoerudin yang mengapreasiasi inisiatif KKP untuk melawan COVID-19 dengan meningkatkan imun melalui ikan.

Terlebih sasaran penerima bantuan ini adalah masyarakat terdampak pandemi seperti pekerja informal, pembudidaya, nelayan dan masyarakat kecil lainnya.

Sementara di Mamuju, penyerahan paket bantuan ikan bermutu juga dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR, Suhardi Duka. Bantuan yang dibagikan sebanyak 1.750 paket dan diserahkan melalui BKIPM Mamuju. Isi paket tersebut terdiri dari ikan segar, ikan teri kering dan abon ikan.

Baca juga: KKP katakan pelayanan SKP tetap optimal di tengah pandemi COVID-19

"Ikan dan produk olahannya ini berasal dari UMKM. Semoga imun kita semakin meningkat setelah makan ikan," kata Kepala BKIPM Mamuju, Abdurrohman.

Bulan Mutu Karantina 2020 merupakan program yang bertujuan untuk mendorong kebutuhan protein masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Melalui program ini diharapkan muncul kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan.

Diluncurkan pada 22 April 2020 oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, Bulan Mutu Karantina 2020 akan berlangsung hingga 30 Juni 2020.

Sebelumnya, 3.300 paket ikan yang termasuk dalam program Bulan Mutu Karantina 2020 dibagikan untuk 3.300 kepala keluarga di enam kabupaten/kota pada Rabu 6 Mei 2020.

Keenam wilayah yang dimaksud yakni Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sebanyak 600 paket, serta Kabupaten/Kota Magelang, Jawa Tengah sebanyak 300 paket.

Selain itu, Kabupaten Pesawaran 740 paket, Kabupaten Lampung Selatan 250 paket, Kota Bandar Lampung 800 paket, dan Kota Metro 600 paket serta sekitar kantor BKIPM Lampung 10 paket.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020