PKS Jatim inisiasi gerakan "Ayo Menanam" wujudkan ketahanan pangan

PKS Jatim inisiasi gerakan "Ayo Menanam" wujudkan ketahanan pangan

Kader PKS di Jatim saat melakukan gerakan 'Ayo Menanam' yang baru diluncurkan untuk mewujudkan ketahanan pangan di saat pandemik COVID-19. (ANTARA/PKS Jatim/FA)

Surabaya (ANTARA) - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menginisiasi gerakan "Ayo Menanam" untuk mewujudkan ketahanan pangan di saat pandemik COVID-19 seperti sekarang ini.

"Gerakan ini untuk kader, lalu diteruskan ke masyarakat, khususnya di Jatim," ujar Ketua Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan yang secara resmi meluncurkan gerakan tersebut melalui konferensi video di Surabaya, Sabtu.

Gerakan "Ayo Menanam", kata dia, yakni mengajak masyarakat bercocok tanam di rumah masing-masing dengan memanfaatkan lahan yang ada serta limbah rumah tangga.

Baca juga: Saat pandemi, Toraja Utara programkan gerakan menanam hortikultura

Menurut dia, di masa pandemi dan pemberlakuan PSBB saat ini membuat masyarakat harus lebih banyak di rumah sehingga gerakan ini menjadi momentum bagi swasembada pangan.

"Jatim adalah provinsi agrobis dengan potensi nomor satu di Indonesia. Maka sektor pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan harus menjadi keunggulan orang jatim," ucapnya.

Kang Irwan, sapaan akrabnya, mengajak agar bercocok tanam menjadi hobi dan gaya hidup yang mengajak masyarakat semakin dekat dengan alam, lalu menjadikannya gaya hidup, kemudian menjadikannya sebagai mata pencaharian.

Baca juga: Gubernur Babel luncurkan Gerakan Jumat Menanam Mangrove

Sementara itu, Ketua Bidang Petani Pekerja dan Nelayan DPW PKS Jatim Fajar Pujilaksono menyampaikan gerakan ini digulirkan hingga tingkat desa dan perkampungan.

"Sehingga nantinya bisa memanen sayur dan buah di lahan milik sendiri dan tidak perlu menggantungkan pasokan dari pasar atau daerah lain," katanya.

Dalam kegiatan sama juga dilaksanakan penyuluhan daring tentang cara menanam di lahan terbatas serta memanfaatkan limbah rumah tangga.

Baca juga: Cegah longsor di Gunung Wilis, TNI-Perhutani dan pemda tanam pohon
Baca juga: Ridwan Kamil gandeng santri menanam 50 juta bibit pohon
Baca juga: BNPB imbau warga Bogor tak menanam tanaman semusim di lereng

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wali Kota Tangerang bagikan hasil panen Eco Farm Cisadane

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar