Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Perusahaan Pelayaran Migas (P3Migas) mengapresiasi dan mendukung PT Pertamina (Persero) yang tetap melakukan pengadaan dan pendistribusian BBM dan gas demi menjaga pasokan di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua P3Migas Go Darmadi mengatakan, dunia dan Indonesia tengah berada di masa sulit akibat pandemi Covid-19, demi menekan sebaran virus tersebut, sejumlah daerah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan mengurangi pergerakan orang, yang berdampak terhadap menurunnya konsumsi BBM.

"Meskipun dalam kondisi sulit Pertamina tetap dan harus melakukan pengadaan dan pendistribusian BBM dan Gas. Kebijakan ini patut diapresiasi demi mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat dan kegiatan ekonomi nasional," ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Dengan tetap melakukan pengadaan dan pendistribusian BBM dan gas artinya Pertamina juga telah menjaga kelangsungan ekosistem migas secara umum dan khususnya di industri pelayaran migas nasional," katanya.

Darmadi menyatakan Pertamina memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk menyediakan pasokan BBM dan gas di seluruh Indonesia. BBM dan gas distribusikan secara merata dari Sabang sampai Marauke, dari kota-kota besar hingga ke daerah pelosok yang sulit terjangkau.

Untuk moda transportasi laut, tambahnya, pendistribusian BBM dan gas tersebut dilakukan oleh kapal-kapal milik Pertamina Group dan kapal lainnya, termasuk kapal-kapal Perusahaan Pelayaran Nasional yang tergabung dalam P3Migas.

Dia mengungkapkan sampai saat ini hampir tidak ada Perusahaan Pelayaran migas nasional yang mengalami pemutusan kontrak pendistribusian BBM dan gas meski badai Covid-19, telah merebak di hampir seluruh kabupaten/ kota diseluruh provinsi.

Hal itu menandakan kuatnya komitmen Pertamina dalam pelayanan kepada masyarakat, serta menjaga multiplier effect yang positif untuk seluruh mitra yang tergabung dalam P3Migas dapat tetap beroperasi dengan baik, sekaligus memastikan tenaga kerja di dalamnya tidak mengalami pemutusan
hubungan kerja (PHK).

Adapun tenaga kerja yang terserap di industri pelayaran migas nasional mencapai belasan ribu pekerja baik di laut maupun didarat, lanjutnya, berarti ada puluhan ribu anggota keluarga yang hidupnya terkait langsung dalam industri ini.

"Sektor ini berpengaruh langsung terhadap hajat hidup orang banyak. Maka kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina dengan tetap berkomitmen penuh melakukan pendistribusian pasokan BBM dan gas ke seluruh Indonesia," katanya.

Darmadi juga mengatakan seluruh anggota P3Migas berkomitmen untuk mensukseskan pendistribusian BBM dan gas secara tepat waktu dan aman sampai tujuan di seluruh daerah.

Pewarta: Subagyo
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020