1.300 orang tiba di Soekarno-Hatta, AP II ambil alih tugas Kemenkes

1.300 orang tiba di Soekarno-Hatta, AP II ambil alih tugas Kemenkes

IIustrasi - Calon penumpang repatriasi bersiap menjalankan rapid test dimana menjadi prosedur yang harus dipenuhi penumpang pesawat yang akan terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (10/5/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

kami menugaskan AP II untuk mengambil alih karena tugas Kemenkes ini banyak sekali,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan  akan ada 1.300 penumpang dari luar negeri yang tiba di Bandara Internasional Seokarno-Hatta, karena itu ia meminta PT Angkasa Pura II untuk mengambil alih tugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan.

“Tadi pagi saya ratas (rapat terbatas) dengan Presiden, satu usulan yang saya sampaikan ke Presiden dan ratas bahwa hari ini akan datang 1.300 orang dari luar negeri di antaranya pekerja-pekerja,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja virtual dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin.

Dia menyebutkan sebanyak 1.300 penumpang diangkut dalam tujuh penerbangan pada Senin (11/5).

Untuk itu, Menhub melalui Kementerian BUMN telah memerintahkan AP II untuk membantu KKP dalam memeriksakan kesehatan para penumpang agar tidak terjadi penumpukan.

“Kita punya pengalaman tanggal 7 Mei yang akhirnya jadi masalah, kami sudah inventarisasi petugas-petugas soal kesehatan benar adanya hanya satu sampai dua orang (KKP). Oleh karenanya, saya minta ke AP II melalui Kementerian BUMN, kami juga minta ke KKP, jadi kami menugaskan AP II untuk mengambil alih karena tugas Kemenkes ini banyak sekali,” ujarnya.

Ia mengaku melakukan pengecekan via telepon kepada AP II setiap lima jam untuk melaporkan apa yang terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Budi juga meminta seluruh personel yang bertugas di simpul-simpul transportasi untuk melakukan perbaikan dalam pengawasan.

“Semua bandara, terminal, stasiun masing-masing operator melakukan ‘self-correction’ perbaikan apa yang harus ditingkatkan,” katanya.

Sebelumnya, pada 7 Mei 2020 terdapat 11 penumpang yang terindikasi positif COVID-19 setelah melalui pengecekan kesehatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Penumpang tersebut merupakan eks anak buah kapal (ABK) kapal pesiar yang menaiki pesawat charter asal Italia, Neos, dengan nomor penerbangan NO 370 yang tiba pada Kamis (7/5) malam.

11 eks ABK yang diketahui positif COVID-19 tersebut telah dilarikan ke Wisma Atlet untuk penanganan lebih lanjut.

Selain itu juga pada hari yang sama terjadi penumpukan penumpang yang tiba di Bandara Internasional Seokarno-Hatta setelah pemerintah membuka kembali penerbangan baik domestik maupun luar negeri.


Baca juga: Angkasa Pura II pastikan kelancaran repatriasi WNI di Bandara Soetta

Baca juga: Bandara Soetta tutup penerbangan komersial sampai 1 Juni

Baca juga: KKP Bandara Soetta ungkap 40 penumpang positif COVID-19 pada April-Mei


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenhub: muatan balik tol laut meningkat 60 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar