Lawan COVID-19, Polri: Perlu bangun isu positif dari hal terkecil

Lawan COVID-19, Polri: Perlu bangun isu positif dari hal terkecil

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. ANTARA/HO-Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian RI mengajak seluruh elemen dan masyarakat untuk membangun isu positif yang dimulai dari hal terkecil untuk perang melawan pandemi COVID-19.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono pada diskusi dalam jaringan di Jakarta, Senin, mengatakan pada masa pandemi ini banyak menyebar isu negatif bahkan hoaks, dan isu negatif ini hanya akan memperburuk kondisi kesehatan.

"Tidak usah kita melakukan yang besar, yang terkecil saja lah, dalam rumah kita membangun sesuatu yang positif dengan keluarga kita. Kita harus berdamai, seandainya ada isu negatif kita bisa melihatnya dan membangun isu yang positif," kata dia.

Baca juga: Kakorlantas pastikan penerapan protokol kesehatan bagi penumpang bus
Baca juga: Kuasa hukum ABK WNI ingin Polri minta "interpol notice"


Memulai dari hal terkecil dan lingkungan rumah tangga, kemudian nantinya menurut Argo hal itu berkembang dengan sendirinya ke ruang lingkup masyarakat yang lebih besar.

"Kalau di rumah sudah membangun narasi yang positif tentu nantinya akan berkembang ke yang lebih besar," katanya.

Kemudian, membangun hal-hal positif, memberikan contoh yang baik dan mengikuti protokol kesehatan pemerintah lanjut dia akan memberikan dampak bagus, imun akan semakin kuat, serta juga bermanfaat menekan penularan COVID-19 di masyarakat.

"Kalau semua isu negatif kita pahami dan diskusikan menjadi isu yang positif itu akan menaikkan imun dalam tubuh kita, tapi kalau kita membiarkan sesuatu yang negatif, itu akan memudahkan virus masuk," ucap Argo.

Dengan membiasakan diri terhadap semua yang harus dilakukan untuk melawan COVID-19 tersebut menurut dia ke depannya hal itu juga akan memberikan sebuah kebaikan yang lebih bagi rakyat Indonesia.

"Akan menjadi sesuatu yang baik, dan menjadi budaya (yang baru), kebiasaan-kebiasaan yang baik ini tiap hari kita lakukan, itu lah yang berubah menjadi budaya (baru)," ujarnya.

Baca juga: Mantan Kapolda Bengkulu positif COVID-19
Baca juga: Sri Mulyani pastikan pencairan THR Rp29,38 triliun pada 15 Mei

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polres Tangerang Kota jaga ketahanan pangan dengan menebar benih ikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar