Jakarta (ANTARA News) - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menyatakan bahwa pemegang saham utama bermaksud melakukan restrukturisasi terhadap sebagian kepemilikan sahamnya di perseroan dengan mengkonsolidasikan kepemilikan mereka menjadi suatu entitas tunggal, yaitu PT Adaro Strategic Investments (ASI).

ASI memiliki secara langsung 43,91 persen saham di perseroan dan pemegang saham utama tidak meningkatkan maupun mengurangi kepemilikannya di PT Adaro Energy Tbk, demikian siaran pers yang diterima, Kamis.

Pelaksanaan pengalihan saham terkait restrukturisasi ini direncanakan dilaksanakan pada sesi kedua perdagangan hari ini (23/7), melalui transaksi tutup sendiri di Bursa Efek Indonesia, dimana dilakukan konsolidasi atas kepemilikan lima pemegang saham utama.

Ke lima pemegang saham utama itu yakni Keluarga Rachmat, Keluarga Thohir, Keluarga Subianto, Edwin Soeryadjaya dan Sandiaga Salahudidin Uno.

Tujuan utama dari restrukturisasi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan mempererat hubungan keterikatan dalam pengambilan keputusan serta meningkatkan kesinambungan dan komitmen diantara pemegang saham utama, guna mendorong terciptanya Perseroan yang lebih besar dan lebih baik.

Seiring dengan langkah tahun lalu, Adaro telah dicatatkan di Bursa Efek Indonesia sebagai salah satu upaya untuk menyederhanakan struktur korporasi dan mengkonsolidasikan pengendaliannya terhadap Adaro Grup serta anak perusahaannya. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009