membuat tugas tenaga kesehatan menjadi semakin berat
Medan (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin mengumumkan penambahan 17 orang yang dinyatakan positif COVID-19 sehingga total menjadi 196 orang positif terpapar virus corona itu.
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Mayor Kes dr Whiko Irwan menyebutkan, ke-17 pasien positif COVID-19 ini masing-masing 8 orang berada di Kota Medan, 2 orang di Kabupaten Deli Serdang, 1 dari Toba dan 1 dari Langkat. Sedangkan 5 pasien positif lainnya belum diketahui asal domisilinya.
 
"Meningkatnya positif PCR dapat membuat tugas tenaga kesehatan menjadi semakin berat, oleh karena kami mengajak warga untuk menerapkan protokol kesehatan," katanya.
 
Kemudian untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pada hari ini berjumlah 151 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 635 orang.
Sementara pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh berjumlah 48 orang dan yang meninggal dunia berjumlah 24 orang.
 
"Gambaran di atas menunjukkan penularan masih terjadi, masker wajib dipakai baik orang sakit maupun sehat dan juga yang sudah sembuh. Penularan menurun menjadi lima persen bila memakai masker, dan resiko penularan menurun menjadi satu persen bila semua orang memakai masker, cuci tangan dan menghindari keramaian," ujarnya.

Baca juga: Kisah Meliana, pasien pertama Sumut yang sembuh dari COVID-19
Baca juga: TKI ilegal masuk di pantai sulit dijangkau potensial bawa virus Corona
Baca juga: Hadapi pandemi COVID-19, ACT Sumut berikan layanan makan gratis
 
 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020