Kendari (ANTARA News) - Pasca insiden peledakan bom Mega Kuningan di Jakarta (17/7) tidak menyurutkan minat wisatawan manca negara (wisman) berkunjung ke Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi, Hasirun Adi di Kendari, Jumat mengatakan pendaftar kunjungan wisman tahun 2009 di Wakatobi sebanyak 2.000 orang.

Dari 2.000 wisman yang umumnya berasal dari negara Inggris, Peracis dan Australia menjatuhkan pilihan ke obyek wisata Pulau Hoga sebanyak 500 orang dan Onemobaa Pulau Tomia 1.500 orang.

"Kunjungan wisaman ke Pulau Hoga Kecamatan Kaledupa periode Januari - Juli sebanyak 260 orang dan wisman ke Onemobaa sebanyak 500 orang," kata Hasirun.

Ledakkan bom Mega Kuningan Jakarta (17/7) yang menimpa Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton Jakarta tidak berdampak pada kunjungan wisman ke Wakatobi karena mereka tidak melalui Jakarta.

"Wisman yang ke Wakatobi melalui Denpasar, Bali sehingga tidak berdampak secara langsung kepada mereka. Itulah keberuntungan bagi Wakatobi," katanya.

Demikian halnya dengan merebaknya flu babi tidak memancing reaksi warga setempat untuk menolak kehadiran wisatawan dari berbegai negara yang berkunjung ke Wakatobi.

"Mudah-mudahan dan kita semua berharap wisatawan yang ke Wakatobi bebas dari flu babi. Warga tidak kuatir karena sebelum memasuki Wakatobi wisatawan sudah mendapat deteksi dini di Denpasar, Bali dan Makassar," tambahnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009